KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN ARIAS BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


Tri Ratna Rahmawati, 4101415107 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN ARIAS BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4101415107.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil Program of International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih rendah. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Ajibarang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII berdasarkan self-efficacy dalam pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ajibarang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C dan kelas VII F. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawacara. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika efektif, ditunjukkan dengan (1) hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan belajar secara klasikal 75%; (2) rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika lebih baik daripada rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran yang diajarkan oleh guru di sekolah; dan (3) proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran yang diajarkan oleh guru di sekolah. Hasil penelitian juga menunjukkan pada subjek dengan self-efficacy tinggi ditemukan dua pola kemampuan komunikasi matematis, pada subjek dengan self-efficacy sedang ditemukan tiga pola kemampuan komunikasi matematis, dan pada subjek dengan self-efficacy rendah ditemukan tiga pola kemampuan komunikasi matematis. Saran dalam penelitian ini adalah siswa dengan self-efficacy rendah belum tentu gagal dalam pembelajaran matematika karena terdapat subjek dengan selfefficacy rendah tetapi memperoleh hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang baik. Pada subjek dengan self-efficacy rendah ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematisnya masih bisa lebih baik jika pembelajaran yang digunakan baik. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan pembelajaran ARIAS bernuansa etnomatematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, Pembelajaran ARIAS, Etnomatematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:42
Last Modified: 09 Oct 2020 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39526

Actions (login required)

View Item View Item