Biological Science Curriculum Study 5e Instructional Model dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Kemempuan Literasi Sains


Agung Budi Santoso, - and Siti Alimah, Mipa Biologi and Nur Rahayu Utami, - (2017) Biological Science Curriculum Study 5e Instructional Model dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Kemempuan Literasi Sains. Journal of Biology Education, 6 (2). pp. 173-186. ISSN 2252-6579

[thumbnail of Biological Science Curriculum Study  5e Instructional Model dengan Pendekatan  Jelajah Alam Sekitar terhadap Kemempuan Literasi Sains]
Preview
PDF (Biological Science Curriculum Study 5e Instructional Model dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Kemempuan Literasi Sains) - Published Version
Download (401kB) | Preview
[thumbnail of Review_Biological_Science_Curriculum_Study__5e_Instructional_Model_dengan_Pendekatan__Jelajah_Alam_Sekitar_terhadap_Kemempuan_Literasi_Sains.pdf]
Preview
PDF
Download (813kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan menganalisis kontribusi BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS terhadap kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain penelitian pretestt-posttest control group design, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Boja kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel kelas VIII B dan VIII D yang diambil secara purposive sampling. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains, sedangkan tingkat keterlaksanaan sintaks BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS diukur menggunakan angket. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh persamaan regresi Ŷ=48,421X + 0,354, koefisien korelasi antara BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS dengan kemampuan literasi sains siswa sebesar 0,572 dan koefisien determinasi 0,328. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boja Kendal dan BSCS 5E Instructional Model dengan pendekatan JAS memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boja Kendal sebesar 32,8%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: BSCS 5E instructional model, JAS, literasi sains
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Jul 2020 13:05
Last Modified: 05 Jul 2020 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/37179

Actions (login required)

View Item View Item