PENGEMBANGAN MODUL IPA PENDEKATAN SETS UNTUK PENGUATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PERILAKU KEPEDULIAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR


RIO CHANDRA, 0103516010 (2020) PENGEMBANGAN MODUL IPA PENDEKATAN SETS UNTUK PENGUATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN PERILAKU KEPEDULIAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_RIO_CHANDRA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (56MB) | Preview

Abstract

Chandra, Rio. 2020. “Pengembangan Modul IPA Pendekatan SETS untuk Penguatan Hasil Belajar Kognitif dan Perilaku Kepedulian Lingkungan di Sekolah Dasar”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Enni Suwarsi R, M.Si, Pembimbing II Drs. Ngurah Made D P, M. Si., Ph.D. Kata Kunci: Modul, SETS, Hasil Belajar, Kepedulian Lingkungan Pembelajaran IPA di sekolah dasar di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak pada umumnya belum dikaitkan dengan lingkungan sekitar siswa, sehingga kurang menarik, hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan belum mengembangkan karakter peduli lingkungan. Oleh karena itu perlu dikembangkan modul dengan pendekatan Science, Tehnology, Envirotmen and Society (SETS). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis validitas, kefektifan, dan kepraktisan Modul Pembelajaran IPA Pendekatan SETS materi lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi tahap studi pendahuluhan, tahap studi pengembangan dan tahap evaluasi. Karakteristik modul dihubungkanya pendekatan SETS dalam pembelajaran. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, angket, dan dokumen. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi perilaku, tes, angket perilaku, angket respon dan dokumentasi. Subyek uji coba adalah siswa kelas IV beserta guru di SDN Kangkung 1, yaitu 10 siswa uji coba terbatas, 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol, serta 30 siswa dan dua guru sebagai responden angket dalam uji coba luas. Data dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Modul IPA Pendekatan SETS terbukti valid dan memperoleh skor rata-rata 4,67. Modul teruji efektif berdasarkan hasil belajar siswa yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan buku tema dengan yang menggunakan modul. N-gain pada siswa yang menggunakan modul memperoleh skor 0,723 dengan kategori tinggi. Hasil observasi perilaku kelompok ekperimen lebih tinggi dengan skor mencapai 3,29 dengan kategori membudaya. Uji kepraktisan modul dari siswa memperoleh skor 4.37 dengan kategori tinggi, sedangkan dari guru memperoleh skor 3.27 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian Modul IPA Pendekatan SETS yang dikembangkan dinyatakan valid, dan terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan perilaku kepedulian lingkungan siswa serta praktis digunakan pada siswa kelas IV SDN Kangkung 1 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Berdasarkan simpulan disarankan untuk menyusun istrumen evaluasi khususnya pada aspek teknologi dan aspek sosial yang tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah, serta guru diharapkan dapat mengembangkan sumber belajar yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modul, SETS, Hasil Belajar, Kepedulian Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 02 Jun 2020 13:45
Last Modified: 02 Jun 2020 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36499

Actions (login required)

View Item View Item