KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAMBYCHIK’S THEORY PADA BRAIN BASED LEARNING DI SMPN 41 SEMARANG


Khairul Anwar, 4101414137 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAMBYCHIK’S THEORY PADA BRAIN BASED LEARNING DI SMPN 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101414137.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dikuasai siswa. Model yang tepat juga dapat memperbaiki proses pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan model Brain Based Learning (BBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan thambychik’s theory dengan penerapan model BBL menggunakan kriteria ketuntasan belajar, menguji perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan thambychik’s theory dengan penerapan model BBL dan model pembelajaran ekspositori, dan mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan thambychik’s theory dengan penerapan model BBL. Pada penelitian ini menggunakan mix methods (metode campuran) dengan menggunakan strategi triangulasi konkuren. Dalam penelitian kuantitatif mengambil sampel dan populasi dengan menggunakan teknik simple random sampling.Pada penelitian kualitatif diambil 6 subjek penelitian secara purposive sampling, yang dipilih masing-masing 2 siswa dari tiap kelompok yang ditentukan berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tambychick’s theory dengan penerapan model BBL mencapai kriteria ketuntasan klasikal; (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswaberdasarkan tambychick’s theory dengan penerapan model BBL lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswaberdasarkan tambychick’s theory dengan penerapan model ekspositori; (3) subjek kelompok atas A-13 dan A-33 mampu memecahkan masalah berdasarkan Tambychik’s theory; (4) subjek kelompok sedang A-16 dan A-7 mampu membaca dan memahami masalah serta menyusun strategi penyelesaian, namun kurang mampu memecahkan masalah dan tidak mampu memeriksa kembali kebenaran jawaban akhir dan langkah pengerjaan; (5) subjek kelompok bawah A-27 dan A-29 kurang mampu memecahkan masalah berdasarkan Tambychik’s theory.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Tambychick’s Theory, BBL
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Apr 2020 18:19
Last Modified: 30 Apr 2020 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36070

Actions (login required)

View Item View Item