PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN SISTEM AIR CONDITIONER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK
Deta Prasetia Wibawa , 5202414088 (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN SISTEM AIR CONDITIONER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN SISTEM AIR CONDITIONER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian berlatar belakang kurangnya alat peraga dan penggunaan metode pembelajaran yang monoton, sehingga siswa kurang memerhatikan pembelajaran. Di era yang maju ini penggunaan smartphone telah menjamur, sehingga peneliti memanfatkan menjamurnya smartphone untuk mengembangankan media aplikasi berbasis android yang dapat dijalankan pada smartphone dan digunakan untuk pembelajaran. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan , efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi pemeliharaa sistem AC dan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media aplikasi berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang dilakukan secara eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan cara membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran baru (pretest-posttest control group design) dengan populasi adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan SMK Sultan Fattah sebanyak 77 siswa, yang terbagi menjadi 2 kelas. Hasil penelitian kelayakan oleh para ahli media dan ahli materi, media aplikasi berbasis android telah memenuhi kriteria sangat layak. Terbukti dari ratarata presentase hasil uji media sebesar 88% dan rata-rata presentase hasil penilaian ahli materi sebesar 88%. Media aplikasi berbasis android praktis dan efektiv digunakan dalam pembelajaran. Terbukti dari rata-rata hasil peilaia yang dilauka oleh responden yang meperoleh presentase sebesar 72%. Media aplikasi berbasis android dapat meninkatka hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa terbukti dengan adanya perubagan rata-rata nilai pada kelas eksperimen yang semula 62,0 menjadi 82,9, sedangkan kelas kontrol tanpa mengunakan media aplikasi berbasis android hanya mendapat nilai rata-rata awal 58,8 setelah dilakuka pembelajaran rata-rata nilai menjadi 70,9. Dimana nilai rata-rata pada kelas eksprimen lebih tinggi. Sehingga media aplikasi berbasis android terbukti meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | android, media aplikasi, smratphone |
Subjects: | L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 14:31 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 14:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35474 |
Actions (login required)
View Item |