ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL AGITO


HENDI WIDI PRIYONGGO, 0401517028 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL AGITO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_HENDI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Priyonggo, Hendi Widi. 2019. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Motivasi pada Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-modul Agito”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Wardono, M.Si., Pembimbing II Dr. Tri Sri Noor Asih, S.Si.,M.Si. Kata Kunci: E-modul Agito, Kemampuan Literasi Matematika, Motivasi Belajar, Problem Based Learning. . Kemampuan literasi matematika adalah salah satu kemampuan yang sangat penting untuk bisa beradaptasi dengan kehidupan abad 21. Namun peserta didik pada tingkatan SMK banyak yang rendah kemampuan literasi matematikanya. Penyebabnya adalah rendahnya motivasi belajar yang dipicu oleh penggunaan gadget secara berlebihan. Penelitian ini menerapkan pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-modul Agito. E-modul Agito digunakan secara mandiri di rumah kemudian dalam kegiatan pembelajaran dikelas digunakan E-modul Agito dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kualitas pembelajaran dan (2) menganalisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari motivasi belajar. Dalam penelitaian ini digunakan metode penelitian mixed methods dengan desain sequential explanatory tipe Nonrandomized Control Group, Pretest-Postest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Purbalingga dengan populasi penelitian adalah kelas X jurusan TKR Otomotif. Kelas X jurusan TKR Otomotif 5 dan kelas X jurusan TKR Otomotif 4 menjadi sampel penelitian. Subjek penelitian kualitatif ditentukan berdasarkan motivasi belajar peserta didik dengan data yang diperoleh melalui triangulasi teknik yang meliputi kuisoner, wawancara, dan dokumentasi serta triangulasi sumber yang meliputi peserta didik, guru, dan teman sejawat. Didapatkan hasil pembelajaran ini berkualitas dimana kemampuan literasi matematika kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan rata-rata 56,20 dan 37,54. Dengan uji t dan uji z didapat hasil tuntas klasikal, proporsi ketuntasan lebih dari 70%, ketuntasan, proporsi, peningkatan kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar lebih baik dari kelas kontrol serta motivasi belajar mempengaruhi kemampuan literasi matematika sebesar 41,1% . Kemampuan literasi matematika peserta didik dengan motivasi belajar tinggi memiliki perbandingan yang sangat jauh dari motivasi rendah karena peserta didik motivasi rendah hanya mampu mengidentifikasi masalah namun belum bisa menyelesaikan masalah. Sedangkan kemampuan literasi matematika peserta didik dengan motivasi belajar sedang hanya mampu menyamai motivasi belajar tinggi pada komponen Using mathematics tools dimana penggunaan penggaris dan busur digunakan secara tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-modul Agito, Kemampuan Literasi Matematika, Motivasi Belajar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Feb 2020 13:24
Last Modified: 27 Feb 2020 13:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35095

Actions (login required)

View Item View Item