IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 DI SMK SE-KABUPATEN BATANG
GANIS LUKMANA, 0602516079 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 DI SMK SE-KABUPATEN BATANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (23MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ganis Lukmana. 2019. “Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMK Se-Kab. Batang tahun ajaran 2019/2020”, Tesis. Pendidikan Olahraga, Pascasarja Unnes , Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Henny Setyowati, M.Si, Pembimbing II Dr.Tommy Soenyoto, M.Pd. Kata Kunci.” Implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2016, Pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Latar belakang peneliti adalah pengalaman saya waktu bekerja yang telah menggunakan Kurikulum 2013 edisi revisi 2016, dalam penelitian ini yang mengenai implementasi kurikulum 2013 edisi revisi 2016, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMK se-Kab. Batang, dimana Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 merupakan kurikulum penyempurnaan Kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah perencanan, pelaksanan dan evaluasi pembelajaran penjasorkes kurikulum 2013 edisi revisi 2016 di SMK se-Kabupaten Batang”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran penjasorkes kurikulum 2013 edisi revisi 2016 di SMK se-Kabupaten Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualiatatif, yaitu penelitian dengan memberikan gambaran tentang faktafakta aktual dilapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan dibantu angket untuk siswa. Objek penelitian berjumlah 8 sekolahan. Masing-masing sekolah terdiri dari 3 responden, yaitu kepala sekolah, guru penjasorkes, dan siswa. Yang berjumlah 8 waka kurikulum, 19 guru penjasorkes. Penarikan responden untuk siswa menggunakan angket yang berjumlah 30 siswa dari tiap sekolah dengan total 240 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis deskripitif kualitatif diketahui 8 waka kurikulum menjalankan peran dan tugasnya dengan sangat baik. hasil penelitian untuk guru menunujukan pada Tahap (1) hasil penelitian perencanaan berjalan dengan baik, terdapat 17 atau (89%) guru melaksankan pembuatan RPP, dan 3 tidak; (2) dari pelaksanaan diperoleh hasil 14 atau (74%) guru melaksanakan pembelajaran saintifik dan 5 tidak melaksankan saintifik; (3) dari hasil evaluasi pembelajaran diketahui 14 atau 74% guru melaksankan penilaian autentik, Tapi hanya 3 penilaian saja yaitu afektif, psikomotor, dan Kognitif, sedangkan 5 guru lain membuat penilaian authentik tetapi tidak melaksankan kembali ke rubik penilaian lama. Untuk siswa dibagi 2 aspek : pengetahuan terhadap kurikulum 2013 dan respon siswa. Pada tahap (1) pengetahuan siswa diperolah 24 (11,2%) sangat baik, 171 (71,3%) baik.; 41 (71,3%) cukup baik; 1 (0,4%) kurang (2) respon siswa 77 (32,1%) sangat baik; 152 (63,3,%) baik, 11(4,6%) kurang, sehingga diperoleh rata-rata baik.Saran yang dapat peneliti berikan terkait hasil penelitian adalah (1) hendaknya sebelum pelaksanan K”13 setiap sekolah melaporkan kesiapan sekolah seperti : sarana dan prasarana diperbaiki (2) hendaknya kepala sekolah atau guru ke dinas setempat, agar pemerintah mengevaluasi kembali pelaksanaan kurikulum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2016, Pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 19:23 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 13:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35026 |
Actions (login required)
View Item |