KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERDASARKAN SELF-EFFICACY


Mifta Zuliyanti , 4101414016 (2018) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERDASARKAN SELF-EFFICACY. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERDASARKAN SELF-EFFICACY]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERDASARKAN SELF-EFFICACY) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran matematika dengan menggunakan model learning cycle 7E efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self-efficacy yang menggunakan model learning cycle 7E. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni tes, observasi, angket, dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C–VII I SMP Negeri 1 Mejobo Kudus tahun ajaran 2017/2018, secara teknik random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Terdapat 6 subjek kualitatif dalam penelitian ini yaitu 2 siswa dengan self-efficacy tinggi, 2 siswa dengan self-efficacy sedang, dan 2 siswa dengan self-efficacy rendah. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model learning cycle 7E efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini dikarenakan (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model learning cycle 7E dapat mencapai KKM dan ketuntasan klasikal, (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model learning cycle 7E lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran direct instruction. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan self-efficacy tinggi sudah mampu mencapai empat aspek kemampuan komunikasi matematis dengan baik yaitu kemampuan tata bahasa, kemampuan memahami wacana, kemampuan sosiolinguistik, dan kemampuan strategi walaupun masih terdapat kurang teliti dalam menuliskan satuan dan keterangan pada gambar; (2) Subjek dengan self-efficacy sedang sudah mampu mencapai empat aspek kemampuan komunikasi matematis dengan cukup baik yaitu kemampuan tata bahasa, kemampuan memahami wacana, kemampuan sosiolinguistik, dan kemampuan strategi, walaupun masih kurang teliti dalam menuliskan satuan, keterangan gambar, perhitungan penyelesaian soal, dan belum menuliskan simpulan di akhir penyelesaian; dan (3) Subjek dengan self-efficacy rendah hanya mampu mencapai dua aspek kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan memahami wacana dan kemampuan strategi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis, learning cycle 7E, self-efficacy.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 13:44
Last Modified: 10 Feb 2020 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34936

Actions (login required)

View Item View Item