PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN


Cahyo Fajar Handayani, - and Wisnu Sunarto, - and Sri Susilogati Sumarti, KIMIA UNNES (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (1). pp. 1840-1848. ISSN 1979-0503

[thumbnail of PDF_PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_GUIDED_DISCOVERY_MELALUI.pdf]
Preview
PDF
Download (84kB) | Preview
[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATERI STOIKIOMETRI LARUTAN) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery melalui kegiatan praktikum terhadap hasil belajar kimia. Desain yang digunakan adalah postest-only control group design. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran guided discovery melalui kegiatan praktikum dan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah dan diskusi melalui kegiatan praktikum. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik, karena data berdistribusi normal. Uji t digunakan untuk menentukan perbedaan rata-rata data hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif kelompok eksperimen memiliki rata-rata 83,20 dan kelompok kontrol memiliki rata-rata 75,52. Pada uji pengaruh antar variabel diperoleh harga rb sebesar 0,57 maka penerapan model pembelajaran guided discovery melalui kegiatan praktikum mempunyai pengaruh sedang terhadap hasil belajar kognitif siswa. Besarnya pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar kognitif siswa adalah 32,85%. Analisis deskriptif untuk data hasil belajar afektif dan psikomotorik menunjukkan bahwa hasil belajar aspek afektif kelompok eksperimen memiliki rata-rata 3,16 dan kelompok kontrol memiliki rata-rata 3,02, sedangkan hasil belajar aspek psikomotorik kelompok eksperimen memiliki rata-rata 3,22 dan kelompok kontrol memiliki rata-rata 3,09. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode guided discovery melalui kegiatan praktikum berpengaruh positif terhadap hasil belajar baik aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada materi stoikiometri larutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: guided discovery, kegiatan praktikum, stoikiometri larutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 11 Nov 2019 20:01
Last Modified: 11 Nov 2019 20:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33247

Actions (login required)

View Item View Item