EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DBL BERBASIS IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA DI KELAS VIII TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI GEOMETRI
I Afriyanti, Matematika Unnes and E Pujiastuti, Matematika Unnes and A Suyitno, Matematika Unnes (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DBL BERBASIS IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA DI KELAS VIII TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI GEOMETRI. Unnes Journal of Mathematics Education, 4 (2). pp. 149-156. ISSN 2252-6927
Preview |
PDF
Download (491kB) | Preview |
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DBL BERBASIS IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA DI KELAS VIII TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI GEOMETRI)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
perta didik kelas VIII menggunakan model DBL dengan alat peraga manipulatif mencapai KKM; (2) rata-rata kemampuan penalaran peserta didik kelas VIII menggunakan model DBL dengan alat peraga manipulatif lebih baik daripada model ekspositori pada materi limas. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2014⁄2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel yaitu peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi: observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji prporsi dan uji beda ratarata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan penalaran peserta didik kelas VIII menggunakan model DBL dengan alat peraga manipulatif mencapai KKM; (2) rata-rata kemampuan penalaran peserta didik kelas VIII menggunakan model DBL dengan alat peraga manipulatif lebih baik model ekspositori.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 19:34 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 19:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33104 |
Actions (login required)
View Item |