Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Widiyaningsih, E, Matematika Unnes and Pujiastuti, E, Matematika Unnes (2013) Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano Jurnal Matematika, 4 (1). pp. 98-104. ISSN 2086-2334
Preview |
PDF
Download (393kB) | Preview |
Preview |
PDF (Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2012/ 2013. Ada dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen yang diterapkan pem-belajaran matematika menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D dan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran Direct Interaction(DI). Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masa-lah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching mencapai KKM individu dan klasikal, rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching berbantuan Ca-bri 3D efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cabri 3D; Keefektifan; Quantum Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 19:36 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 19:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33102 |
Actions (login required)
View Item |