Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah


Widiyaningsih, E, Matematika Unnes and Pujiastuti, E, Matematika Unnes (2013) Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano Jurnal Matematika, 4 (1). pp. 98-104. ISSN 2086-2334

[thumbnail of PDF_Keefektifan_Pembelajaran_Model_Quantum_Teaching.pdf]
Preview
PDF
Download (393kB) | Preview
[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Semarang tahun pelajaran 2012/ 2013. Ada dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen yang diterapkan pem-belajaran matematika menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Cabri 3D dan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran Direct Interaction(DI). Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masa-lah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching mencapai KKM individu dan klasikal, rata-rata hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching berbantuan Ca-bri 3D efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cabri 3D; Keefektifan; Quantum Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Oct 2019 19:36
Last Modified: 29 Oct 2019 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33102

Actions (login required)

View Item View Item