Peningkatan Keterampilan Peer Teaching yang Berkarakter melalui Implementasi Perangkat Perkuliahan Daspros Pembelajaran Matematika 2 Bercirikan Konservasi


Emi Pujiastuti, Matematika Unnes and Amin Suyitno, Matematika Unnes (2016) Peningkatan Keterampilan Peer Teaching yang Berkarakter melalui Implementasi Perangkat Perkuliahan Daspros Pembelajaran Matematika 2 Bercirikan Konservasi. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7 (1). pp. 41-46. ISSN 2086-2334

[thumbnail of PDF_Peningkatan_Keterampilan_Peer_Teaching.pdf]
Preview
PDF
Download (363kB) | Preview
[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Peer Teaching yang Berkarakter melalui Implementasi Perangkat Perkuliahan Daspros Pembelajaran Matematika 2 Bercirikan Konservasi]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Peer Teaching yang Berkarakter melalui Implementasi Perangkat Perkuliahan Daspros Pembelajaran Matematika 2 Bercirikan Konservasi) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan, (1) menghasilkan perangkat perkuliahan Daspros Mat 2 yang memuat nilai-nilai karakter. (2) Menghasilkan contoh CD pembelajaran. (3) Untuk meningkatkan kualitas perkuliahan melalui implementasi perangkat pembelajaran Daspros Mat 2 yang memuat nilai-nilai karakter, khususnya peningkatan karakter maha-siswa dalam praktik Peer Teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasilnya peneli-tiannya, (1) tersusun perangkat perkuliahan Daspros Mat 2 yang memuat nilai-nilai karakter. (2) Dihasilkan contoh CD pembelajaran sebagai wujud implementasi penyusunan perangkat perkuliahan Daspros Mat 2 yang memuat nilai-nilai karakter, yang diterapkan dalam perkuliahan. (3) Kualitas perkuliahan melalui implementasi perangkat pembelajaran Daspros Mat 2 yang memuat nilai-nilai karakter, khususnya terkait karakter mahasiswa dalam praktik Peer Teaching telah terjadi peningkatan. Nilai rata-rata peer teaching adalah 84,7. Saran, Perangkat perkuliahan yang dihasilkan dan memuat nilai-nilai karakter sebaiknya disosialisasikan di tingkat program studi. (2) Contoh CD pembelajaran perlu dikembangkan lebih lanjut. (3) Perlu dicari tenaga pengambilan video yang handal agar CD video pembelajaran yang dihasilkan bisa bersih dan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peer Teaching, Konservasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Oct 2019 19:38
Last Modified: 29 Oct 2019 19:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33100

Actions (login required)

View Item View Item