Penggunaan Metode CRI (Certainty Of Response Index) Berbantuan Soal PISA (Programme Of International Student Assesment) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA Materi Tata Surya


Sekar Rachmawati , FISIKA UNNES and Hadi Susanto, FISIKA UNNES and Fianti, FISIKA UNNES (2017) Penggunaan Metode CRI (Certainty Of Response Index) Berbantuan Soal PISA (Programme Of International Student Assesment) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA Materi Tata Surya. Unnes Physics Education Journal, 6 (3). pp. 26-31. ISSN 2252-6935

[thumbnail of Penggunaan Metode CRI (Certainty Of Response Index) Berbantuan Soal PISA (Programme Of International Student Assesment) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA Materi Tata Surya]
Preview
PDF (Penggunaan Metode CRI (Certainty Of Response Index) Berbantuan Soal PISA (Programme Of International Student Assesment) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA Materi Tata Surya) - Published Version
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Penggunaan Metode CRI (Certainty Of Response Index) Berbantuan Soal PISA (Programme Of International Student Assesment) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA Materi Tata Surya]
Preview
PDF (Penggunaan Metode CRI (Certainty Of Response Index) Berbantuan Soal PISA (Programme Of International Student Assesment) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi IPA Materi Tata Surya) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil PISA memperlihatkan pendidikan matematika dan sains pada siswa Indonesia sangatlah rendah. Salah satu penyebab dari lemahnya kualitas pendidikan di Indonesia ini adalah kurangnya pemahaman konsep dan miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai macam miskonsepsi siswa SMP pada materi tata surya. Desain penelitian ini adalah penelitian survei dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling diperoleh kelas VII B dan VII C. Metode pengumpulan data dengan tes berbantuan soal PISA, angket dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan tingkat miskonsepsi pada konsep terjadinya pasang naik air laut sebesar 34%, konsep rotasi Bumi sebesar 26%, konsep revolusi Bumi sebesar 36%, konsep Matahari sebagai bintang sebesar 36%, konsep bagian Matahari yang memiliki energi sebesar 23%, konsep fase Bulan sebesar 43%, konsep rotasi dan revolusi Bulan sebesar 36%, konsep perbedaan mengamati bintang di perkotaan dan pedesaan sebesar 33%, konsep mengenai pengertian meteoroid, meteor dan meteorit sebesar 47%, konsep mengenai hukum ketiga Keppler sebesar 31%, konsep mengenai berbagai jenis planet dan kecepatan orbitalnya sebesar 36%, konsep mengenai hukum kedua Keppler sebesar 41%, konsep tentang gaya gravitasi antara Matahari dan planet sebesar 39%, konsep tentang hukum gravitasi Newton sebesar 27%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CRI Method, Misconception, Solar System
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 17 Sep 2019 13:39
Last Modified: 17 Sep 2019 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32990

Actions (login required)

View Item View Item