FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEBERHASILAN KOPERASI DESA DALAM BIDANG PEMANFAATAN KAIN PERCA DI DESA WONOYOSO KECAMATAN PRINGAPUS UNGARAN


Sukma Anang mantika , 5401410034 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEBERHASILAN KOPERASI DESA DALAM BIDANG PEMANFAATAN KAIN PERCA DI DESA WONOYOSO KECAMATAN PRINGAPUS UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401410034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi desa dapat dikatakan sebagai wadah organisasi ekonomi yang berwatak sosial dan merupakan wadah bagi pengembangan berbagai kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan. Permasalahan dari penelitian ini adalah faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan koperasi desa “maju lancar” dan seberapa besar faktor-faktor tersebut mempengaruhi keberhasilannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan dan mengetahui besar faktor-faktor tersebut dalam meningkatkan keberhasilan koperasi desa “maju lancar”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh anggota koperasi desa “maju lancar” desa Wonoyoso kecamatan pringapus Ungaran berjumlah 92 orang. Sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 20 orang aktif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data, keberhasilan koperasi desa dalam bidang pemanfaatan kain perca meliputi faktor internal, faktor eksternal dan pemanfaatan limbah kain perca. Ada pengaruh antara faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan koperasi desa terhadap tingkat keberhasilan koperasi desa. Faktor internal menyumbang keberhasilan koperasi desa Maju Lancar sebesar 54.01% dan faktor eksternal sebesar 20.75%, yang berarti ada faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti yaitu sebesar 25.24%. Produk olahan limbah kain perca yang dapat meningkatkan keberhasilan Koperasi Desa Maju Lancar yaitu keset kreatif dengan persentase 85% dan alas meja/kursi dengan persentase 75% dengan menggunakan kain katun dengan berbagai macam jenisnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: koperasi, tingkat keberhasilan, kain perca
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TX Home economics
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 07 Jan 2019 14:12
Last Modified: 07 Jan 2019 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32131

Actions (login required)

View Item View Item