ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI CREATIVE MATHEMATICALLY FOUNDED REASONING (CMR) DAN IMITATIVE REASONING (IR) PADA MATERI FUNGSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 SEMARANG
Rizky Rahman, 4101413066 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI CREATIVE MATHEMATICALLY FOUNDED REASONING (CMR) DAN IMITATIVE REASONING (IR) PADA MATERI FUNGSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (422kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang ditinjau dari CMR dan IR pada materi fungsi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Semarang tahun ajaran 2016/ 2017 yang di ambil satu kelas, kemudian diambil kembali sebanyak lima siswa dengan nilai teratas dan lima siswa dengan nilai terendah dari tes penalaran matematis yang diujikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes yang kemudian diuji kredibilitasnya dengan triangulasi. Instrumen penelitian ini adalah tes dan pedoman wawancara kemampuan penalaran matematis CMR dan IR. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: untuk menyelesaikan permasalahan soal CMR subjek memilih cara penyelesaian strateginya dengan pengembangan rumus yang dipelajari, dimana pengembangan tersebut subjek mencari cara tersendiri untuk menemukan jawabannya. Proses menalar untuk strategi ini merupakan penalaran yang bersifat baru karena subjek menciptakan sendiri strategi penyelesaiannya. Implementasi strategi yang digunakan untuk soal CMR menunjukan ada beberapa subjek yang menggunakan cara lain untuk menemukan solusi soal-soal tersebut berbeda dengan isi rubrik tes, namun kesimpulan jawabannya benar. Cara lain yang digunakan ini merupakan cara alternatif yang masuk akal bagi siswa. Meskipun cara penyelesaiannya berbeda dengan isi rubrik, cara alternatif ini memiliki landasan matematis yang kuat. Untuk menyelesaikan permasalahan soal IR subjek penelitian memilih penyelesaian strategi dengan dengan menirukan suatu konsep dipelajari. Subjek penelitian mengingat kembali konsep dari buku, atau materi yang diterangkan oleh guru, kemudian subjek langsung menuliskan jawaban dari yang diingat atau mengingat suatu prosedur atau algoritma penyelesaian masalahnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran Matematis, Imitative Reasoning (IR), Creative Mathematically Founded Reasoning (CMR), Materi Fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 14:47 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 14:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32119 |
Actions (login required)
View Item |