ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PBL PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN FUN PICT


Oppie Andara Early , 4101413036 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN SISWA KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PBL PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN FUN PICT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (433kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar, kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yakni pembelajaran menggunakan model PBL pendekatan saintifik berbantuan fun pict. Tujuan penelitian ini antara lain untuk (1) menguji ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) menguji perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran model PBL pendekatan saintifik berbantuan fun pict dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pembelajaran model PBL pendekatan saintifik, (3) menguji pengaruh kemandirian terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif didukung wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Brebes tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 268 siswa. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G sebagai kelompok eksperimen sebanyak 33 siswa dan siswa kelas VIII E sebagai kelompok kontrol sebanyak 33 siswa. Selain itu, dipilih 6 siswa dari kelompok eksperimen yakni masing-masing 2 siswa dari tiap kelompok kemandirian belajar untuk diwawancarai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah uji proporsi, uji perbedaan rata-rata, analisis regresi, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII melalui pembelajaran model PBL pendekatan saintifik berbantuan fun pict mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase siswa yang tuntas mencapai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemandirian, PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 17:08
Last Modified: 03 Jan 2019 17:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32105

Actions (login required)

View Item View Item