KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DENGAN STRATEGI MURDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII
Chyntia Avianti , 4101411197 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DENGAN STRATEGI MURDER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (467kB) | Preview |
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal geometri adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hal ini sesuai dengan kelebihan model pembelajaran CIRC yaitu dapat meningkatkan hasil belajar khususnya dalam menyelesaikan soal yang berbentuk uraian. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa diperlukan pendekatan yang tepat. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah strategi MURDER. Masing-masing langkah dalam MURDER berperan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, misal dengan kegiatan Understand dan Recall siswa akan terangsang untuk berpikir kritis dalam menghadapi suatu permasalahan, sedangkan dengan kegiatan Digest dan Expand siswa akan terangsang untuk membiasakan diri berpikir secara kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran model CIRC dengan strategi MURDER mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran model CIRC dengan strategi MURDER mencapai ketuntasan individual dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran model CIRC dengan strategi MURDER lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran yang biasa diberikan dikelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bawen tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, dan tes. Data hasil tes kemampuan berpikir kreatif dianalisis dengan menggunakan uji t, uji proporsi, dan uji kesamaan dua rata-rata, Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikan, (2) kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen mencapai ketuntasan individual, dan (3) rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebik baik dari kemampuan berpikir kreatif kelas control. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dengan strategi MURDER efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, CIRC, MURDER, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 Dec 2018 14:44 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 14:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32066 |
Actions (login required)
View Item |