KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III GUGUS GAJAH MADA GIRIWOYO WONOGIRI


ARISTA PRAMUDYASTUTI , 1401413481 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III GUGUS GAJAH MADA GIRIWOYO WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413481.pdf]
Preview
PDF
Download (870kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dimuat dalam kurikulum pendidikan di Sekolah Dasar dan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang harus diperhatikan yaitu keterampilan menulis. Berdasarkan wawancara dengan guru di kelas III SD di gugus Gajah Mada Wonogiri diketahui bahwa sebagian besar siswa dalam menulis puisi belum menulis kata yang tepat melainkan menceritakan secara deskriptif. Hal itu disebabkan oleh penyampaian materi yang kurang menarik dari guru. Guru di sekolah tersebut lebih memberikan pemahaman konsep tentang penulisan puisi sehingga siswa kesulitan dalam menulis puisi. Hal ini berdampak pada kemampuan siswa menulis puisi yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model Model Think Talk Write Berbantuan Gambar terhadap Keterampilan menulis Puisi Siswa Kelas III Gugus Gajah Mada Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas III SDN gugus Gajah Mada yang terdiri dari 7 SD. Kemudian 7 SD tersebut diambil sebagai sampel 2 SD yaitu kelas III SDN 01 Girowoyo dan SDN 01 Sejati. Teknik pengumpulan data yaitu tes menulis puisi berupa soal pilihan ganda dan uraian yang telah diujicobakan sebelumnya serta teknik nontes berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji N- gain. Hasil perhitungan didasarkan pada uji perbedaan rata-rata yaitu harga t-hitung sebesar 4.90715 lebih besar dibandingkan harga t-tabel yaitu 1.68287 (4.90715 >1.68287 ) yang berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Harga t-hitung positif menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,11 menunjukkan N-gain sebesar 0,569 berada dalam kategori sedang. Sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 78,21 menunjukkan N-gain sebesar 0,161 berada dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan pretest ke posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control Simpulan penelitian ini adalah Model Think Talk Write Berbantuan Gambar efektif terhadap Keterampilan menulis Puisi Siswa Kelas III Gugus Gajah Mada Wonogiri. Saran peneliti adalah guru menerapkan model pembelajaran Think Talk Write sebagai salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam mmenulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model think talk write berbantuan gambar; keterampilan menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing > writing skills
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 18:47
Last Modified: 09 Jul 2018 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31448

Actions (login required)

View Item View Item