PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS IV SDN DEMAAN REMBANG


Nurul Musa’adah , 1401413009 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS IV SDN DEMAAN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (627kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran IPA Materi Perubahan Lingkungan di SDN Demaan kurang menarik perhatian siswa karena guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa buku. Penggunaan media yang hanya menggunakan buku tersebut kurang menarik perhatian dan antusias sehingga siswa cepat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan Media Ular Tangga Pembelajaran IPA Materi Perubahan Lingkunganterhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Demaan Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini adalah R&D. Subjek penelitian ini terdiri 6 siswa pada uji skala kecil dan 23 siswa pada uji skala besar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikrandom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji analisis data menggunakan uji normalitasdan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media ular tangga dibuat dengan menggunakan Corel Draw disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak (2) dalam pengujian kelayakan media ular tangga oleh ahli media sebesar 92% hal tersebut menunjukkan media ular tangga sangat layak untuk diuji cobakan, ahli materi sebesar 81% dan ahli praktisi sebesar 92%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media ular tangga sangat layak untuk diuji cobakan (3) ada perbedaan antara rata-rata nilai IPA materi perubahan lingkungan sebelum menggunakan media ular tangga dan sesudah menggunakan media ular tangga ditunjukkan dari nilai thitung>ttabel yaitu 62,17> 2,07 Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmu pada pembelajaran IPA, bagi siswa hendaknya meningkatkan prestasi dalam pembelajaran IPA. Bagi penelitian selanjutnya hendaknya dapat mengembangkan media ular tangga yang lebih kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, media ular tangga, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:29
Last Modified: 21 May 2018 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31026

Actions (login required)

View Item View Item