PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA REMBANG


Umi Umaroh , 1401413012 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (583kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA kelas V di SD Gugus Ki Hajar Dewantara rata-rata menggunakan Buku Sekolah Elektronik, dengan buku pendampingan LKS yang isinya materi-materi pokok disertai dengan lembar kerja. Namun cara penggunaan bahan ajar buku paket yang ada masih belum optimal untuk memenuhi karakteristik siswa. Salah satu karakteristik yang dibutuhkan adalah melatih siswa untuk berpikir kritis dalam menghadapi sebuah konsep permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar IPA berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan. Penelitian menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba kelompok kecil dilakukan di kelas V SDN 01 Dresi Kulon dengan jumlah 8 siswa, sedangkan uji coba pemakaian dilakukan di kelas V SDN Mojowarno dengan jumlah 29 siswa. Data diambil dari tanggapan siswa dan guru tentang bahan ajar yang telah dikembangkan dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan; (1) bahan ajar yang dikembangkan terdapat komponen Problem Based Learning; (2) bahan ajar IPA berbasis Problem Based Learning dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media. Didapatkan persentase kriteria kelayakan isi 83,3% (layak), kelayakan penyajian 87,5% (sangat layak), model Problem Based Learning 85,7% (sangat layak), kelayakan bahasa 80% (layak), dan kelayakan kegrafikan 87,5% (sangat layak); (3) bahan ajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal tersebut didasarkan pada uji t dan diperoleh signifikansi 0.000 < 0.05. Uji gain sebesar 0,42 dengan kriteria sedang; (4) Persentase respon siswa dan guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Persentase respon guru secara klasikal 84,1% (positif) dan persentase respon siswa secara klasikal 86,8% (sangat positif). Simpulan penelitian, bahan ajar yang dikembangkan berkarakteristik Problem Based Learning, bahan ajar valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Saran yang disampaikan; bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan bahan ajar alternatif. Bahan ajar disesuaikan dengan sintaks Problem Based Learning. Bahan ajar yang telah dikembangkan meningkatkan kreatifitas dalam mengembangkan bahan ajar atau mengembangkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; IPA; Pengembangan; Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:29
Last Modified: 21 May 2018 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31025

Actions (login required)

View Item View Item