WAHANA EDUKASI ANAK DI KOTA SEMARANG Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku LANDASAN PROGAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (LP3A)


Teguh Wiyono , 5112410004 (2016) WAHANA EDUKASI ANAK DI KOTA SEMARANG Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku LANDASAN PROGAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR (LP3A). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112410004.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Permainan modern produk teknologi menjadi disukai di kalangan anakanak karena kaya sensasi dan penuh fantasi. Namun, pada saat media menampilkan sisi negatifnya, media menjadi destruktif. Media menampilkan muatan yang tidak baik dikonsumsi, terutama anak-anak seperti misalnya menampilkan sisi kekerasan, situs porno, komik porno, film atau game kekerasan. Media dikatakan membawa muatan anti-sosial. Misalnya perilaku anak yang menjadi lebih agresif, menjurus kekerasan, egois, tidak toleran dan lain sebagainya. Memperhatikan kondisi tersebut, maka dibutuhkan metode bermain yang memberi dampak positif terhadap perilaku anak. Dari beberapa wahana permainan yang sudah ada, salah satu metode yang digunakan adalah metode role playing. Metode role playing atau disebut juga dengan istilah sosiodrama adalah permainan yang dilakukan oleh anak tentang satu situasi,. Metode role playing diterapkan atas dasar pemilihan peranan profesi yang memiliki nilai-nilai moral. Metode ini memberikan dampak positif bagi anak, antara lain dapat menanamkan pengertian peranan suatu profesi dalam kehidupan, menanamkan kemampuan bertanggung jawab dalam bekerja sama dengan orang lain, menghargai pendapat dan kemampuan orang lain, dan belajar mengambil keputusan dalam hubungan kerja kelompok. Pendekatan arsitektur perilaku diperlukan dalam desain Wahana Edukasi Anak. Dengan menerapkan pendekatan arsitektur perilaku, diharapkan dapat menciptakan ruang dan suasana tertentu yang sesuai dengan perilaku anak beserta lingkungan. Perilaku dapat membentuk suatu lingkungan dan lingkungan dapat membentuk suatu perilaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Role playing, Arsitektur Perilaku, Wahana, Edukasi, Anak
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:30
Last Modified: 26 Jun 2019 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30865

Actions (login required)

View Item View Item