KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS MELATI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


Mustahiroh , 1401412086 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN GUGUS MELATI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (375kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial atau biasa disingkat (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang berfungsi untuk mengkaji disiplin ilmu sosial yang memberi wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada siswa SD.Dalam pembelajaran IPS, guru masih cenderung difokuskan pada penguasaan konsep dasar yang bersifat hafalan. Model pembelajaran teams games tournament memberi sikap siswa aktif bekerjasama dalam menguasai materi pelajaran hingga mencapai tujuan pembelajaran. tujuan penelitian ini untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran teams games tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Melati Kota Semarang yang berjumlah 73 siswa sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling .Teknik pengumpulan data meliputi Observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan lembar pengamatan dan soal tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi biserial untuk uji validitas dan Kr11 untuk uji reliabilitas. Metode Chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji bartlett untuk menguji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar data akhir (posttest) siswa mata pelajaran IPS pada kelas kontrol sebesar 86,72 sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan model teams games tournament sebesar 89,26. Selain itu uji hipotesi menggunakan t-test menunjukkan (Zhitung sebesar 8,70003 dan Ztabel sebesar 1,98), karena Zhitung> Ztabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil antara penggunaan model games tournamentdan model pembelajaran yang biasa digunakan guru Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams games tournament efektif digunakan dalam mata pembelajaran IPS terutama materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, keefektifan, Model Teams Games Tournament.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 13:03
Last Modified: 21 May 2018 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30085

Actions (login required)

View Item View Item