KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DWOROWATI SEMARANG


Dwi Indri Suciati , 1401412219 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS DWOROWATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412219.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (587kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas IV SDN Gugus Dworowati Semarang mengalami kesulitan dalam memahami, mencatat dan mengingat materi yang diajarkan, terutama pada materi yang terlalu panjang. Model pembelajaran mind mapping dapat dijadikan alternatif yang dapat memudahkan siswa dalam mencatat, mengingat, dan mengembangkan ide-ide yang ada dalam pikiran. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk menguji keefektifan model mind mapping pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gugus Dworowati Semarang. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gugus Dworowati Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa data pretest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, homogen, dan tidak ada perbedaan rata-rata data awal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil posttest menunjukkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar IPA kelas kontrol. Keterampilan siswa dalam membuat mind mapping juga berhubungan dengan hasil belajar siswa, yang menunjukkan terdapat hubungan antara keterampilan siswa dengan hasil belajar IPA pada kelas eksperimen. Simpulan dari penelitian ini adalah Model mind mapping efektif digunakan pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gugus Dworowati Semarang. Keterampilan siswa dalam membuat mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA; keefektifan; keterampilan siswa; mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 18 Jan 2018 16:52
Last Modified: 18 Jan 2018 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29274

Actions (login required)

View Item View Item