KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN SMART ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP


Kinanti Mustika Ayu Kirana , 4101412118 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN SMART ORIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (345kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir kreatif. Selain itu rasa ingin tahu pada diri siswa juga perlu dikembangkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu adalah model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Smart Origami. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, (1) Apakah kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran CPS berbantuan Smart Origami mencapai ketuntasan belajar? (2) Apakah kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran CPS berbantuan Smart Origami lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran ekspositori ? (3) Apakah rasa ingin tahu siswa yang melaksanakan pembelajaran CPS berbantuan Smart Origami lebih baik daripada rasa ingin tahu siswa yang melaksanakan pembelajaran ekspositori ? Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan post test only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Smart Origami dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Data berupa hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan angket rasa ingin tahu yang kemudian dianalisis dengan uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran CPS berbantuan Smart Origami mencapai ketuntasan belajar (secara individual dan klasikal) (2) kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran CPS berbantuan Smart Origami lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang melaksanakan pembelajaran ekspositori (3) rasa ingin tahu siswa yang melaksanakan pembelajaran CPS berbantuan Smart Origami lebih baik daripada rasa ingin tahu siswa yang melaksanakan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Smart Origami dapat digunakan dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok. Peneliti menyarankan agar guru melakukan pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Smart Origami sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok dan dapat digunakan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Berpikir Kreatif, Rasa Ingin Tahu, Keefektifan
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 Jan 2018 13:32
Last Modified: 10 Jan 2018 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29033

Actions (login required)

View Item View Item