EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DENGAN TEKNIK BRAINSTORMINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP KELAS VIII


Yuni Astuti , 4101412051 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DENGAN TEKNIK BRAINSTORMINGTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101412051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (500kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dan rasa keingintahuan sangat penting untuk dikembangkan sebagai bekal untuk menghadapi kompleksitas permasalahan kehidupan. Dalam pembelajaran matematika, pengembangan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu sangat dibutuhkan karena untuk merangsang siswa menemukan solusi yang beragam dari pemecahan masalah sehingga pemikiran siswa tidak terbatas atau konvergen melainkan pemikiran yang divergen. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkannya adalah dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan teknik brainstorming. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat ketuntasan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti model PBL dengan teknik brainstorming, (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti model PBL dengan teknik brainstorming dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori, dan (3) untuk mengetahui sikap rasa ingin tahu siswa yang mengikuti model PBL dengan teknik brainstorming dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori. Metode penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh 3 sampel kelas yaitu kelas VIIIA terpilih sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL dengan teknik brainstorming, kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran ekspositori, dan kelas VIIIE sebagai kelas uji coba instrumen. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur tes kemampuan berpikir kreatif dan angket rasa ingin tahu pada akhir pembelajaran, serta lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan selama pembelajaran. Analisis data awal menunjukkan bahwa data dari kedua kelas penelitian berdistribusi normal, homogen, dan mempunyai rata-rata yang sama. Hasil analisis data akhir diperoleh bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mengikuti model PBL dengan teknik brainstorming telah mencapai ketuntasan belajar individual dan klasikal; (2) Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mengikuti model PBL dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori; (3) Sikap rasa ingin tahu siswa yang mengikuti model PBL dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Teknik Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kreatif, Rasa Ingin Tahu.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 Jan 2018 13:04
Last Modified: 09 Jan 2018 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item