STUDI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE


Rahayu Puspitasari , 4101411081 (2015) STUDI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (554kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran pendekatan saintifik dengan strategi TTW efektif bagi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Ungaran, (2) bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran pada pembelajaran pendekatan saintifik dengan strategi TTW, (3) bagaimana karakter siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran pada pembelajaran pendekatan saintifik dengan strategi TTW. Metode penelitian ini adalah metode kombinasi model concurrent embedded dengan metode kualitatif sebagai metode primer dan metode kuantitatif sebagai metode sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling, dengan populasi normal dan homogen. untuk data kualitatif, pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek yang terpilih adalah dua siswa dari masing-masing kelompok atas, tengah, dan bawah. Metode pengumpulan data meliputi: metode dokumentasi, metode tes, metode pengamatan, metode wawancara, dan metode angket. Analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji beda rata-rata. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan indikator Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) dan untuk mengetahui karakter siswa menggunakan indikator karakter (BT, MT, MB, MK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran pendekatan saintifik dengan strategi TTW efektif bagi kemampuan berpikir kreatif siswa; 2) subjek pada pada kategori kelompok atas memiliki TKBK level 4, subjek pada kategori kelompok tengah memiliki TKBK level 2 dan 3, serta subjek pada kelompok bawah memiliki TKBK level 0; dan 3) subjek pada kelompok atas memiliki tanggung jawab level MB dan MK, kerjasama level MB dan MK, rasa ingin tahu level MB, kreatif level MK; kelompok tengah memiliki tanggung jawab level MK dan MT, kerjasama level MB dan MT, rasa ingin tahu level MT dan BT, kreatif level MB dan MT; serta kelompok bawah memiliki tanggung jawab level MK dan MT dan MK, kerjasama level MB dan MT, rasa ingin tahu level MT dan BT, kreatif level BT. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) siswa diberi bimbingan dalam menemukan penyelesaian masalah agar proses pembelajaran berjalan tepat waktu; (2) pada setiap merancang RPP karakter siswa perlu menjadi fokus pada pembelajaran; dan (3) perlu diterapkan pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa khususnya pada kelas VIII materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, karakter, pendekatan saintifik, ThinkTalk-Write.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 04 Jan 2018 12:13
Last Modified: 04 Jan 2018 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28876

Actions (login required)

View Item View Item