CARA KERJA DAN JUMLAH ARUS LAMPU KEPALA YANG MENGALIR PADA KELISTRIKAN ENGINE STAND


Lutfi Ari Artanto, 5250306502 (2009) CARA KERJA DAN JUMLAH ARUS LAMPU KEPALA YANG MENGALIR PADA KELISTRIKAN ENGINE STAND. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of CARA KERJA DAN JUMLAH ARUS LAMPU KEPALA YANG MENGALIR PADA KELISTRIKAN ENGINE STAND]
Preview
PDF (CARA KERJA DAN JUMLAH ARUS LAMPU KEPALA YANG MENGALIR PADA KELISTRIKAN ENGINE STAND) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Elektrikal bodi merupakan sistem kelistrikan yang terdapat pada bodi mobil yang bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenikmatan saat mengendarai. Wiring harness adalah sekelompok kabel-kabel dan kawat yang berfungsi untuk menghubungkan komponen-komponen kelistrikan dari suatu kendaraan. Sistem penerangan yang terdapat pada kelistikan engine stand diantaranya yaitu lampu kepala, lampu belakang, lampu jarak atau lampu kota, lampu tanda belok, lampu meter atau lampu instrumental, dan lampu mundur. Pada tiap lampu memiliki daya yang berbeda-beda sehingga arus yang mengalir juga berbeda-beda. Kita harus mengetahui arus yang mengalir pada tiap-tiap lampu agar pada saat penggantian koponen yang rusak tidak terjadi kesalahan. Pada pengambilan jumlah arus yang mengalir pada masing-masing lampu khususnya dilampu kepala didapatkan hasil yaitu: saat lampu kota dinyalakan didapat jumlah arus yang mengalir 0.5 Amp; saat lampu kepala dinyalakan dalam posisi dekat jumlah arus yang didapat 7 Amp; saat lampu jarak jauh dinyalakan jumlah arus yang mengalir 7.5 Amp; saat lampu kepala dan lampu kota di nyalakan secara bersamaan arus yang mengalir 8 Amp; saat lampu dekat dan jauh dinyalakan secara bersamaan jumlah arus yang terdapat 11.5 Amp; sedangkan saat lampu kepala, lampu kota dan lampu jauh dinyalakan secara bersamaan jumlah arus yang keluar 12 amp. Permasalahan yang sering terjadi pada sistem peneranganan pada umumnya disebabkan karena lampu yang putus elemennya atau sekering yang putus. Selain itu juga bisa disebabkan karena konektor atau saklar yang telah rusak rilay yang telah rusak (pada lampu yang menggunakan rilay).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 May 2011 04:27
Last Modified: 25 Apr 2015 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2515

Actions (login required)

View Item View Item