IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN LKS FISIKA BERPENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMA
Dwi, Nur Indah Sari (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN LKS FISIKA BERPENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (206kB) | Preview |
Abstract
Indonesia kini memerlukan pembentukan karakter di berbagai sektor untuk mengatasi krisis karakter yang sedang terjadi, salah satunya yaitu di sektor pendidikan. Pelaksanaan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan scientific tidak hanya menekankan pada kemampuan aspek pengetahuan saja, tetapi juga memperhatikan aspek karakter dan keterampilan. Salah satu model pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah PBL (Problem Based Learning). Dalam pelaksanaannya, PBL dapat dibantu dengan adanya LKS untuk membantu mengarahkan kerja siswa dan mengembangkan karakter. Penelitian ini menggunakan model PBL berbantuan LKS fisika berpendekatan scientific materi fluida statis untuk mengembangkan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran PBL berbantuan LKS fisika berpendekatan scientific materi fluida statis, mengetahui peningkatan hasil belajar pengetahuan, mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan, dan mengetahui perkembangan karakter siswa. Karakter yang dikembangkan adalah jujur, disiplin, kreatif, rasa ingin tahu, dan komunikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Pre-test and Post-test Group. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang dan SMA Kesatrian 2 Semarang. Sampel penelitian ini adalah satu kelas sebagai kelas eksperimen pada setiap sekolah yang dipilih sesuai rekomendasi sekolah. Data hasil belajar pengetahuan diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Data hasil belajar keterampilan diperoleh melalui observasi. Sedangkan data perkembangan karakter diperoleh melalui angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan LKS berpendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan dengan kategori sedang. Model pembelajaran PBL berbantuan LKS berpendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan dengan kategori rendah. Model pembelajaran PBL berbantuan LKS berpendekatan scientific juga dapat mengembangkan karakter dengan kategori mulai berkembang. Kata kunci : karakter, LKS, PBL, pendekatan scientific.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Abadi M. Kholid Baror |
Date Deposited: | 16 Apr 2024 02:22 |
Last Modified: | 16 Apr 2024 02:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24135 |
Actions (login required)
View Item |