Hubungan antara Kualitas Produk Batik Semarang dengan Loyalitas Konsumen di Industri Batik Semarang 16
Hesti Ayu Pratiwi, 5401404052 (2009) Hubungan antara Kualitas Produk Batik Semarang dengan Loyalitas Konsumen di Industri Batik Semarang 16. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Hubungan antara Kualitas Produk Batik Semarang dengan Loyalitas Konsumen di Industri Batik Semarang 16)
- Published Version
Download (12MB) | Preview |
Abstract
Kualitas produk batik Semarang akan terus mengalami peningkatan mengingat konsumen yang terus menuntut keseimbangan antara harga dengan kualitasnya. Kualitas produk yang baik, akan menimbulkan kepuasan konsumen terhadap produk batik Semarang. Konsumen yang merasa puas, kemudian akan menjadikan konsumen yang memiliki loyalitas. Industri Batik Semarang merupakan salah produsen batik Semarang yang membutuhkan loyalitas konsumen untuk dapat terus berproduksi, sehingga kelestarian batik Semarang akan terus terjaga. Berdasarkan pengamatan diatas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai pengaruh kualitas produk batik Semarang terhadap loyalitas konsumen di industri Batik Semarang 16. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui ada tidaknya hubungan antara kualitas produk batik Semarang dengan loyalitas konsumen di industri Batik Semarang 16, 2). Mengetahui seberapa besar hubungan kualitas produk batik Semarang dengan loyalitas konsumen di industri Batik Semarang 16. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan korelasi. Variabel penelitian ini ada 2 (dua) yaitu kualitas produk (X) dan loyalitas konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk batik Semarang di industri Batik Semarang 16 minimal satu kali sebanyak 110 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan nomogram Harry King, sehingga didapat sampel sebanyak 80 orang konsumen. Teknik pengumpulan data yang utama adalah kuesioner. Sebelum dilakukan penelitian, instrumen harus diuji cobakan sehingga didapat pertanyaan yang valid sebanyak 35 soal. Pertanyaan valid karena nilai r hitung > r tabel, dan variabel X dan Y dinyatakan reliabel karena nilai r alpha > 0,5. Penelitian menggunakan analisis regresi koefisien determinan, uji F dan uji t. Kemudian untuk uji prasyarat, menggunakan uji asumsi klasik Hasil penelitian perhitungan korelasi product moment menyatakan bahwa Ho ditolak han Ha diterima, maka kualitas produk dengan loyalitas konsumen memiliki hubungan. Hasil uji t menunjukkan t hitung untuk variabel kualitas produk (X) sebesar +16,685 > t tabel (1,9908). Data tersebut menunjukkan bahwa variabel kualitas produk(X) berhubungan secara signifikan dengan loyalitas konsumen dan arah hubungannya adalah positif, dengan demikian hipotesis terbukti dan dapat diterima. Hasil analisis diketahui bahwa besarnya koefisien determinasi (r²) sebesar 0,781 yang mengandung arti bahwa 78,1% loyalitas konsumen berhubungan dengan kualitas produk, sedangkan sisanya 21,9% berasal dari faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berhubungan secara signifikan dengan loyalitas konsumen. Dengan demikian kualitas produk batik Semarang di industri Batik Semarang 16 harus terus dikembangkan untuk kelestarian batik Semarang. Saran yang dapat dianjurkan dalam penelitian ini adalah agar industri Batik Semarang 16 menigkatkan kualitas tahan luntur warna dan menggunakan bahan yang mempunyai daya serap air lebih bagus, kemudian untuk lebih meningkatkan tampilan pada kemasan produk agar dapat memberikan nilai tambah pada produk tersebut. Dari hasil penelitian ini perlu dikembangkan penelitian lebih lanjut mengenai kualitas tahan luntur warna dan daya serap air batik Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas produk, batik Semarang, loyalitas konsumen, industri Batik Semarang 16 |
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 14 May 2011 02:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2391 |
Actions (login required)
View Item |