PENGARUH SELF-EFFICACY, LINGKUNGAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN BABAKAN LEBAKSIU TAHUN AJARAN 2014/2015
Muhammad Faiz Muzakky , 7101411170 (2015) PENGARUH SELF-EFFICACY, LINGKUNGAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MAN BABAKAN LEBAKSIU TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor faktor terbagi menjadi dua garis besar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Hasil obeservasi awal di MAN Babakan diperoleh hasil prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI semester genap 70,9% siswa belum tuntas, artinya sebagian besar rata-rata siswa belum memenuhi kriteria KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, lingkungan sosial dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar secara simultan atau parsial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MAN Babakan yang berjumlah 247 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 146 siswa, pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitin kuantitatif. Pengumpulan data dengan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan regresi berganda. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif keterampilan self-efficacy, lingkungan sosial dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 87,9%. Secara parsial menunjukkan ada pengaruh positif self-efficacy terhadap prestasi belajar sebesar 15%, ada pengaruh positif lingkungan ssosial terhadap prestasi belajar sebesar 13,7%, dan ada pengaruh positif lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar sebesar 40%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa self-efficacy, lingkungan sosial dan lingkungan fisik sekolah berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap prestasi belajar siswa. Siswa hendaknya aktif saat pembelajaran dan menjaga interaksi baik dengan keseluruhan komponen sekolah. Guru hendaknya memotivasi dan mengarahkan siswa agar lebih yakin akan kemampuan dirinya. Sekolah sebaiknya memperhatikan lingkungan fisik sekolah agar tetap terjaga. Peneliti lain hendaknya mengkaji variabel lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa, Self-Efficacy, Lingkungan Sosial, Lingkungan Fisik Sekolah, Students Achievment, Self-Eficacy, Social Environment, physical environmentof the school |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 18:00 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 18:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23893 |
Actions (login required)
View Item |