PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN MUTASI DAN SELISIH DANA KAS KECIL DI SMK BHAKTI PERSADA KENDAL


Wahibah Lana In Ama, 7101409273 (2015) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUKUKAN MUTASI DAN SELISIH DANA KAS KECIL DI SMK BHAKTI PERSADA KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409273-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar pada SMK diarahkan untuk membentuk kemampuan siswa dalam mengembangkan perolehan belajarnya baik pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan tata nilai maupun pada aspek sikap untuk menunjang pengembangan potensinya. Proses pembelajaran yang menjadi kendala di SMK Bhakti Persada Kendal adalah partisipasi dan keterampilan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang masih rendah. Berdasarkan observasi awal di SMK Bhakti Persada kelas XI Administrasi Perkantoran, diperoleh data bahwa kelas XI Administrasi Perkantoran memiliki tingkat partisipasisebesar 39,67% , tingkat keterampilan sebesar 46,37% dan rata-rata hasil belajar adalah 73yang berarti masih dibawah KKM yaitu sebesar 75. Hal tersebut menyebabkan perlu adanya penggunaan variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran, salah satu alternatifnya dengan menerapkan model pembelajaran think pair share. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Persada Kendal. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif..Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan partisipasi siswa sebesar 65,50% dalam kategori cukup partisipatif, keterampilan siswa sebesar 68,38% dalam kategori cukup terampil, ketuntasan klasikal 65,50% dengan rata-rata hasil belajar 73,25. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan partisipasi siswa sebesar 69% , keterampilan siswa sebesar 73,30%, ketuntasan klasikal 61,29%, menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,96. Untuk hasil penelitian siklus III menunjukkan partisipasi siswa sebesar 82,87%, keterampilan siswa sebesar 82,01%, ketuntasan klasikal 77,41% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,48. Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan partisipasi dan keterampilan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Persana Kendal pada kompetensi dasar membukukan mutasi dan selisih dana kas kecil melalui model Think Pair Share. Saran yang diberikan yaitu untuk guru senantiasa memotivasi siswa, untuk murid agar lebih percaya diri dan selalu melatih diri untuk meningkatkan kemampuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Keterampilan, Model Pembelajaran Think Pair Share.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 22:41
Last Modified: 13 Nov 2015 22:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22366

Actions (login required)

View Item View Item