PENGARUH FASILITAS BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2014/2015


Nur Riwayati, 7101411362 (2015) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411362-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Mulyasa (2009:44) menyatakan siswa dikatakan tuntas dalam belajar apabila mampu menyelesaikan, menguasai kompetensi atau mencapai tujuan pembelajaran sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa yang ada di kelas. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini 47,22%dari 108 jumlah siswa yang ada dikelas banyak yang belum tuntas dalam mata pelajaran kearsipan. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar, disiplin belajar, dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran kearsipan secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh fasilitas belajar, disiplin belajar, dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran kearsipan secara simultan maupun parsial. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Salatiga tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 107 siswa. variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu fasilitas belajar, disiplin belajar, metode mengajar guru, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan caraangket,pengamatan,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresilinierganda penelitian ini yaitu Y = 23,389+ 0.222X1+0.632X2+ 0.435X3. Ada pengaruhsecara simultan sebesar 57,1%, sedangkan pengaruh secara parsial fasilitas belajar sebesar 6,002%, disiplin belajar sebesar 16,16%, dan metode mengajar guru sebesar 6,002%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh fasilitas belajar, disiplin belajar, dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran secara simultan maupun parsial. Saran untuk guruyaitu perlunya memvariasi metode mengajar agar lebih meniningkatkan semangatsiswa untuk mengikuti proses pembelajaran, untuk siswa harus bisa lebih mentaati peraturan sekolah. Sedangkan saran untuk pihak sekolah yaitu perlunya memperbaiki fasilitas belajar untuk dapat menunjang kualitas ketercapaian hasil belajar agar lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Disiplin Belajar, Metode Mengajar Guru, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 19:42
Last Modified: 13 Nov 2015 19:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22255

Actions (login required)

View Item View Item