HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU RUMAH TANGGA DENGAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN PASARBATANG KABUPATEN BREBES TAHUN 2015


Asriati, 3201411011 (2015) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU RUMAH TANGGA DENGAN PEMELIHARAAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN PASARBATANG KABUPATEN BREBES TAHUN 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201411011-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya pengetahuan ibu rumah tangga tentang pemeliharaan kebersihan lingkungan yang baik turut memperburuk permasalahan tentang kebersihan lingkungan. Perilaku ibu rumah tangga dalam memelihara kebersihan lingkungan didasari oleh pengetahuan yang dipengaruhi oleh faktor pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat pendidikan ibu rumah tangga di Kelurahan Pasarbatang, (2) mengetahui pemeliharaan kebersihan lingkungan di Kelurahan Pasarbatang, (3) mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu rumah tangga dengan pemeliharaan kebersihan lingkungan di Kelurahan Pasarbatang. Populasi penelitian adalah ibu rumah tangga dalam 4.360 Kepala Keluarga di Kelurahan Pasarbatang, sampel yang digunakan sebanyak 436 responden yang dipilih dengan metode Proportional Random Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif presentase. Variabel penelitian ini adalah tingkat pendidikan ibu rumah tangga dan pemeliharaan kebersihan lingkungan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pendidikan responden di Kelurahan Pasarbatang tergolong sangat rendah. Ibu rumah tangga yang memiliki tahun sukses <6 tahun sebanyak 208 orang (47,70%), tahun sukses 7-9 tahun sebanyak 84 orang (19,27%), tahun sukses 10-12 tahun sebanyak 95 orang (21,79%), dan yang memliki tahun sukses >12 tahun sebanyak 49 orang (11,24%). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemeliharaan kebersihan lingkungan di Kelurahan Pasarbatang termasuk tinggi. Terdapat 159 orang (36,47%) ibu rumah tangga memiliki pemeliharaan kebersihan lingkungan yang sangat tinggi, 249 orang (57,11%) tinggi, 28 orang (6,42%) rendah, dan 0 orang (0%) sangat rendah. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) memberikan pengertian bagi ibu rumah tangga bahwa pendidikan itu sangat penting bagi masyarakat (2) membangun kesadaran ibu rumah tangga agar senantiasa memelihara kebersihan lingkungan sekitarnya. (3) bagi pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan sarana dan prasarana yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan seperti penyediaan tempat pembuangan sampah akhir atau sementara dan penyediaan jamban bagi warganya yang belum memiliki jamban.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Ibu Rumah Tangga, Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 12 Nov 2015 15:08
Last Modified: 12 Nov 2015 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item