PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), EFIKASI DIRI, DAN KOMPETENSI AKUNTANSI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK PGRI 2 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2014/2015
Aisatun Nifah, 7101411284 (2015) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), EFIKASI DIRI, DAN KOMPETENSI AKUNTANSI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK PGRI 2 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi di SMK PGRI 2 Salatiga tahun ajaran 2014/2015 masih tergolong rendah yaitu sebesar 33,33%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara pengalaman praktik kerja industri (prakerin), efikasi diri, dan kompetensi akuntansi terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Progam Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Salatiga tahun ajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Salatiga tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 68 siswa dan sampel dalam penelitian adalah seluruh populasi yang berjumlah 68 siswa. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja (Y) sedangkan variabel independennya meliputi pengalaman praktik kerja industri (prakerin) (X1), efikasi diri(X2), dan kompetensi akuntansi (X3). Metode pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara pengalaman praktik kerja industri (prakerin), efikasi diri, dan kompetensi akuntansi terhadap kesiapan kerja sebesar41,4%. Secara parsial pengalaman praktik kerja industri (prakerin) berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 7,51%. Efikasi diri tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja. Kompetensi akuntansi berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 20,43%.Simpulan dari penelitian ini ialah secara simultan pengalaman praktik kerja industri (prakerin), efikasi diri, dan kompetensi akuntansi berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian Akuntansi di SMK PGRI 2 Salatiga. Akan tetapi secara parsial efikasi diri tidak ada pengaruh terhadap kesiapan kerja. Saran yang diberikan siswa baiknya lebih mempersiapkan dirinya untuk memasuki dunia kerja karena semakin tinggi persaingan dalam memasuki dunia kerja. Pihak sekolah supaya membangun relasi yang lebih luas dan menyesuaikan tempat magang yang sesuai agar bisa mengembangkan kemampuan akuntansi siswa. Pihak Guru agar memberikan konseling dan motivasi kepada siswa. Kompetensi akuntansi dalam hal ini, sekolah agar menaikkan standar KKM produktif akuntansi agar siswa terpacu untuk meningkatkan kompetensinya dan guru meningkatkan kualitas pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Kerja, Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin), Efikasi Diri, Kompetensi Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 01:12 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 01:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21406 |
Actions (login required)
View Item |