PERBEDAAN UNJUK KERJA MOTOR BENSIN SATU SILINDER DENGAN VARIASI TEKANAN KOMPRESI YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTAMAX, PERTAMAX PLUS, DAN PERTAMAX RACING


Bahtiar Rahmat, 5201411078 (2015) PERBEDAAN UNJUK KERJA MOTOR BENSIN SATU SILINDER DENGAN VARIASI TEKANAN KOMPRESI YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTAMAX, PERTAMAX PLUS, DAN PERTAMAX RACING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201411078-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dari sepeda motor satu silinder yang divariasi pada tekanan kompresi 11,8 Kg/cm2, 11 Kg/cm2 dan 10 Kg/cm2 yang menggunakan tiga jenis bahan bakar yaitu pertamax, pertamax plus dan pertamax racing. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor Honda Supra X125. Data hasil penelitian dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pegujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh tiga variasi tekanan kompresi dan tiga jenis bahan bakar. Untuk daya maksimal dihasilkan pada tekanan kompresi 11,8 Kg/cm2 menggunakan pertamax racing sebesar 5.21 KW dan torsi maksimal sebesar 10.75 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan oleh pertamax pada tekanan 11 kg/cm2 sebesar 1.26 KW dan torsi terendah sebesar 6.15 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar terendah didapatkan pada tekanan kompresi 10 Kg/cm2 yang memakai pertamax plus sebesar 0.19 kg/jam sedangkan konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan oleh pertamax plus pada tekanan 11 kg/cm2 sebesar 0.64 kg/jam. Hasil penelitian menunjukkan daya dan torsi terbesar diperoleh pada tekanan kompresi tinggi yang diikuti dengan penggunaan bahan bakar dengan angka oktan yang tinggi, sehingga disarankan pada sepeda motor Honda Supra X125 untuk mendapatkan daya dan torsi maksimal dilakukan dengan menaikkan tekanan kompresi yang diikuti dengan pemakaian bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi dalam hal ini yaitu menaikkan tekanan kompresi hingga 11,8 kg/cm2 menggunakan pertamax racing. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar terendah bisa dilakukan dengan cara mengurangi tekanan kompresi dan penggunaan bahan bakar dengan angka oktan yang sesuai dalam hal ini yaitu mengurangi tekanan kompresi hingga 10 kg/cm2 menggunakan pertamax plus. The purpose of this research were to knew the differences of power, torsion and specific fuel consumption output of an one cylinder motorcycle which given compression pressure variances between 11,8 Kg/cm2, 11 Kg/cm2 and 10 Kg/cm2 used three kinds of gasoline pertamax, pertamax plus and pertamax racing. The research used experimental methods, given to a Honda Supra X125 motorcycle. Output data research analyzed by direct observation experiment output data then concluded and determinated output data research into table and graph. The experiment used dynamometer device to found the power and torsion output, meanwhile to found the specific fuel consumption buret ukur was used, then used the fuel consumption calculation. The research result showed there were differences power, torsion and specific fuel consumption output by three compreesion pressure variances and three kinds of gasoline. Maximum power output obtained at 11,8 Kg/cm2 compression pressure by used pertamax racing in amount of 5.21 KW and Maximum torsion output in amount of 10.75 Nm. While minimum power output obtained by used pertamax at 11 Kg/cm2 compression pressure in amount of 1.26 KW and minimum torsion in amount of 6.15 Nm. Minimum fuel consumption obtained at 10 Kg/cm2 compression pressure by used pertamax plus in amount of 0.19 kg/jam while maximum fuel consumption obtained by used pertamax plus at 11 kg/cm2 compression pressure in amount of 0.64 Kg/jam. Th e research result showed highest power and torsion obtained on high compression pressure which followed with high octane gasoline usage thus recommended into Honda Supra X125 motorcycle maximum power and torsion can be obtained by increase the compression pressure which followed by high octane gasoline usage in this chase increasing compression pressure into 11,8 Kg/cm2 using pertamax racing. While minimum fuel consumption can be obtained by reduce the compression pressure which followed by appropriate octane gasoline usage in this chase reduce the compression pressure into 10 Kg/cm2 using pertamax plus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Variasi Tekanan Kompresi, Bahan Bakar, Unjuk Kerja Compression Pressure Variances, Gasoline, Engine Performance
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 23:56
Last Modified: 11 Nov 2015 23:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21325

Actions (login required)

View Item View Item