IDENTIFIKASI SISTEM VVT-i KIJANG INNOVA 1TR-FE


Andy Yusuf Kurniawan, 5211312048 (2015) IDENTIFIKASI SISTEM VVT-i KIJANG INNOVA 1TR-FE. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5211312048-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (835kB) | Preview

Abstract

Di masa sekarang ini kendaraan merupakan alat transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat. Kendaraan memiliki beberapa sistem dalam mesinnya yang memiliki berbagai keunggulan, salah satunya sistem VVT-i. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem VVT-i dengan mengenal fungsi komponen, bentuk dan lokasi konektor dan cara kerja kerja dari sistem VVT-i. Dalam penyelesaian laporan tugas akhir ini digunakan metode observasi, kepustakaan, interview, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data laporan tugas akhir ini. Komponen-komponen sistem VVT-i tersebut adalah (a) Engine Control Unit (ECU), berfungsi menerima masukan dari sensor, (b) Air Flow Meter, berfungsi memeriksa temperatur dan massa aliran udara pada intake manifold, (c) Camshaft Position Sensor, berfungsi untuk mengetahui kedudukan camshaft, (d) Crankshaft Position Sensor, berfungsi memberitahu kecepatan putaran mesin dengan mendeteksi pergerakan crankshaft mesin, (e) Throttle Position Sensor, berfungsi mendeteksi posisi lebar terbukanya throttle valve pada throttle body, (f) Water Temperature Sensor, berfungsi mengetahui kondisi suhu air pendingin atau coolant pada mesin, (g) Camshaft Oil Control Valve, berfungsi mengalirkan oli bertekanan ke VVT-i controller, (h) VVT-i Controller, berfungsi merubah timing terbukanya katup intake. Sensor-sensor pada sistem VVT-i memiliki bentuk dan konektor yang berbeda-beda juga karena jumlah dan nama terminal masing-masing sensor yang berbeda serta fungsinya yang berbeda pada masing-masing terminalnya. Cara kerja sistem VVT-i dengan merubah timing terbukanya katup intake yang memanfaatkan tekanan oli yang dialirkan camshaft position sensor berdasarkan perintah ECU untuk menggerakkan vane pada VVT-i controller yang memiliki fungsi merubah timing terbukanya katup intake.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem VVT-i, Timing Katup Intake, Mesin Kijang Innova 1TR-FE
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:12
Last Modified: 11 Nov 2015 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21148

Actions (login required)

View Item View Item