ANALISIS ANOMALI GAYABERAT ANTAR WAKTU UNTUK PEMANTAUAN AMBLESAN TANAH STUDI KASUS KOTA SEMARANG


Yossi Meida Malanda, 4211409025 (2013) ANALISIS ANOMALI GAYABERAT ANTAR WAKTU UNTUK PEMANTAUAN AMBLESAN TANAH STUDI KASUS KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS ANOMALI GAYABERAT ANTAR WAKTU UNTUK PEMANTAUAN AMBLESAN TANAH STUDI KASUS KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS ANOMALI GAYABERAT ANTAR WAKTU UNTUK PEMANTAUAN AMBLESAN TANAH STUDI KASUS KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kota Semarang terdiri dari dataran rendah yang terdapat di utara dan dataran tinggi yang terdapat di selatan hal ini berpengaruh terhadap nilai gayaberat, daerah yang lebih rendah memiliki nilai gayaberat lebih tinggi begitu juga sebaliknya. Amblesan tanah adalah turunnya permukaan tanah akibat pengurangan tanah, penimbunan tanah, dan beban bangunan. Dari peta anomali yang dihasilkan dan telah dikorelasikan dengan peta laju amblesan tanah dengan metode sipat datar maka dapat diketahui bahwa amblesan tanah terparah terjadi di Gereja Boysa, 109, Gudang Altex dengan nilai anomali gayaberat lebih besar dari 0.8 mGal sedangkan pantai Marina, Agility, Kantor ESDM, Mollitex, Puri Anjasmoro, Kampung Laut, Komijen, Pelabuhan, Kaligawe, RMJ Kaligawe, SPBE Arteri, Cipto 4, dan Cipto 5 memiliki nilai anomali gayaberat sebesar 0.2-0.8 mGal. Selain terjadi amblesan tanah, Kota Semarang juga mengalami pengurangan air tanah dan yang paling dominan terjadi di daerah Puri Bima Sakti dan Kelinci dengan niali anomali sebesar -0.3 hingga -0.5 mGal sedangkan pengurangan air tanah yang lebih kecil terjadi di Pompa, 106, Barito, Kh. Wahid Hasim, Pasar Boom Lama, SMKN 10, Dadapsari, dan SMA 14 dengan nilai anomali sebesar -0.1 hingga -0.3 mGal. Titik yang lain relatif stabil karena nilai anomalinya rendah yaitu sekitar 0.1 hingga -0.1 mGal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anomali, Gayaberat, Amblesan Tanah.
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QE Geology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 10:20
Last Modified: 07 May 2014 10:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19540

Actions (login required)

View Item View Item