REDESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN “ANEKA GORENGAN SUPER 2R”


Dwi Arum Sri Lestari, 2451308011 (2013) REDESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN “ANEKA GORENGAN SUPER 2R”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REDESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN “ANEKA GORENGAN SUPER 2R”]
Preview
PDF (REDESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN “ANEKA GORENGAN SUPER 2R”)
Download (842kB) | Preview

Abstract

Kemasan sebagai media dan sering memanfaatkan high technology untuk menyuguhkan keefektifan dan keefisiensiannya. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menghasilkan desain kemasan yang baru dan sekaligus informatif. Dalam membuat kemasan makanan ringan yang estetis harus mengacu pada prinsip-prinsip desain seperti; keseimbangan, irama, tekanan, keselarasan, dan kesatuan. Penentuan tujuan mengawali proses berkarya dengan mempertimbangkan konsep yang diinginkan yang kemudian diolah dengan menggunakan teknik computer grafis. Kamera digunakan untuk mengambil gambar produk gorengan, untuk pengolahan gambar/ foto menggunakan program aplikasi Corel Draw X5 untuk pembuatan bidang gambar, penyusunan elemen gambar dan teks, dan juga elemen grafis lainnya. Desain kemasan dibuat dengan menggunakan media kertas Ivory 260 gram, yang kedua sisinya berwarna putih, yang salah satu sisi halus dan mengkilap. Jenis kertas yang tebal dipilih agar kemasan tidak mudah rusak saat terkena minyak gorengan. Ukuran masing-masing 6 jenis kemasan yang dibuat mulai dari kemasan pertama 6,75 x 4,5 x 6 cm, kemasan kedua 11 x 5 cm, kemasan ketiga12 x 6 x 5 cm, kemasan keempat 12 x 6 x 5 cm, kemasan kelima 8 x 6 cm dan kemasan keenam 14 x 7 cm. Sampai kurang-lebih 12 cm dan di bagian tertentu akan dilipat. Komposisi yang ada dalam kemasan berhubungan dengan sebuah produsen yang meliputi warna, tipografi, bentuk dan pesan. Hasil karya semuanya di deskripsikan dan di analisis, Analisis meliputi analisis teknis yang membahas menggunakan cara apa untuk membuat desain, analisisfungsipraktismembahasfungsipraktissuatukemasanproduk, analisis estetis membahas bentuk visual maupun bentangan, dan analisis pesan atau makna membahas pesan-pesan yang terkandung di dalam kemasan baik logo, tipografi maupun bentuk kemasan. Kesimpulan yang dapat diambil dalam karya tugas akhir ini yaitu untuk menghasilkan rancangan yang unik, estetis dan informative perlu menerapkan disiplin ilmu dan ide desain dalam proses kreatif. Hal tersebut dapat dilihat pada karya ini. Adapun saran bagi pemilik atau produsen sejenis agar memperhatikan kemasan untuk mempromosikan jajanan yang diproduksi agar kemasan yang baru, unik, estetis dan informatif, sehingga masyarakat tertarik untuk membeli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemasan Produk Makanan Ringan, Aneka Gorengan
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:34
Last Modified: 07 May 2014 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19515

Actions (login required)

View Item View Item