ANALISIS RANGKAIAN SISTEM KELISTRIKAN BODI YAMAHA MIO-J
Rifky Wirya Amiarja, 521131009 (2013) ANALISIS RANGKAIAN SISTEM KELISTRIKAN BODI YAMAHA MIO-J. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS RANGKAIAN SISTEM KELISTRIKAN BODI YAMAHA MIO-J)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulisan Proyek Akhir ini adalah untuk mengetahui konstruksi , prinsip kerja kelistrikan Yamaha Mio-J, dan menganalisis permasalahan yang terjadi pada kelistrikan bodi Yamaha Mio-J. Pembuatan Proyek Akhir menggunakan metode praktik langsung . Tujuan dari praktik Proyek Akhir adalah untuk menganalisis fungsi, cara kerja dan masalah yang sering terjadi pada sistem kelistrikan bodi Yamaha Mio-J. Hasil analisis dijelaskan sebagai berikut : (1) Sistem kelistrikan pada Yamaha Mio-J terdiri atas (a) Sistem penerangan yang berfungsi sebagai sebagai penerangan pada kendaraan dan memberikan tanda-tanda kepada pengendara lain pada saat akan berhenti sehingga pengendara akan aman dari kecelakaan. (b) Sistem signal yang terdiri dari lampu tanda belok , klakson ,lampu indikator dan instrumennya. Sistem signal berfungsi sebagai tanda-tanda kepada pengendara lain pada saat akan membelok, memberi tanda lewat klakson kepada pengendara lain pada saat akan menyalip dan kondisi bahan bakar masih banyak atau sudah habis.(2) Sistem kelistrikan pada sepeda motor terbuat dari rangkaian kelistrikan yang berbeda-beda, namun rangkaian tersebut semuanya berawal dan berakhir pada tempat yang sama, yaitu sumber listrik (baterai). Aliran listrik tersebut minimal memiliki satu lintasan tertutup, yaitu suatu lintasan yang dimulai dari titik awal dan akan kembali ke titik tersebut tanpa terputus dan tidak memandang seberapa jauh atau dekat lintasan yang ditempuh. Cara kerjanya adalah arus berawal dari altenator yang berfungsi membangkitkan arus AC kemudian menuju regulator. Arus akan diatur oleh regulator untuk pengisisan baterai dan sumber arus yang akan menuju ke lampu penerangan dan terhubung ke ground. Lampu penerangan, lampu kota dan lampu belakang arusnya dibangkitkan oleh altenator. Lampu tanda belok, klakson, indikator bahan bakar, indikator tanda belok dan check engine sumber arusnya langsung dari baterai. (3) Masalah yang sering terjadi pada sistem kelistrikan bodi biasanya di bagian lampu kepala. Bola lampu kepala Yamaha Mio-J menggunakan bola lampu jenis tungsten yang hanya dapat bekerja pada temperatur standart.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelistrikan bodi, sistem penerangan, sistem signal |
Subjects: | T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Nov 2013 11:37 |
Last Modified: | 07 Nov 2013 11:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18869 |
Actions (login required)
View Item |