POTENSI VERMIKOMPOS DALAM MENINGKATKAN KADAR N DAN P PADA PUPUK DARI LIMBAH TIKAR PANDAN, PELEPAH PISANG DAN SLUDGE IPAL PT. DJARUM


Firli Rahmatullah, 4350408033 (2013) POTENSI VERMIKOMPOS DALAM MENINGKATKAN KADAR N DAN P PADA PUPUK DARI LIMBAH TIKAR PANDAN, PELEPAH PISANG DAN SLUDGE IPAL PT. DJARUM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POTENSI VERMIKOMPOS DALAM MENINGKATKAN KADAR N DAN P PADA PUPUK DARI LIMBAH TIKAR PANDAN, PELEPAH PISANG DAN SLUDGE IPAL PT. DJARUM]
Preview
PDF (POTENSI VERMIKOMPOS DALAM MENINGKATKAN KADAR N DAN P PADA PUPUK DARI LIMBAH TIKAR PANDAN, PELEPAH PISANG DAN SLUDGE IPAL PT. DJARUM)
Download (545kB) | Preview

Abstract

Proses pengolahan limbah pada IPAL PT. Djarum menghasilkan limbah padat berupa tikar pandan, pelepah pisang, dan sludge. Limbah tersebut memiliki kandungan N, P dan C sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan dalam vermikompos. Makanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran pelepah pisang, tikar pandan, dan sludge dengan perbandingan 1:1:2, makanan berikutnya adalah campuran pelepah pisang, tikar pandan, dan sludge dengan perbandingan 1:1:4. Dalam proses vermikompos pada penelitian ini menggunakan dua jenis cacing tanah untuk mendekomposisi makanan yaitu Lumbricus rubellus dan Pheretema hupiensis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui syarat makanan cacing dan jenis bedding dan makanan yang menghasilkan casting tertinggi dan menghasilkan kadar N, P tinggi dan C rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa cacing Lumbricus menghasilkan casting tertinggi 920 g dari makanan pelepah pisang, tikar pandan, dan sludge dengan perbandingan 1:1:4 dan bedding dari tikar pandan, sludge dengan perbandingan 2:1. Berdasarkan hasil analisis kadar N, P tinggi dihasilkan oleh cacing Lumbricus yaitu 2,53 % dan 0,412 % dari makanan pelepah pisang, tikar pandan, dan sludge dengan perbandingan 1:1:4 dan bedding dari pelepah pisang, tikar pandan dan sludge dengan perbandingan 2:2:1, sedangkan pada kadar C rendah dihasilkan oleh cacing Pheretima yaitu 28,04 % dari makanan pelepah pisang, tikar pandan, dan sludge dengan perbandingan 1:1:4 dan bedding dari pelepah pisang, tikar pandan dan sludge dengan perbandingan 2:2:1. Peningkatan kandungan unsur antara hasil kompos semula dengan vermikompos terlihat pada kadar N dan rasio C/N, masing-masing mengalami kenaikan 1,04 % dan 2,433 %, sedangkan pada kadar P mengalami penurunan 0,648 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Vermikompos, Sludge.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:52
Last Modified: 22 May 2014 10:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17953

Actions (login required)

View Item View Item