Penerapan E-Learning Geografi Melalui Media Berbasis Web (Facebook) Pada Kelas X SMA Negeri di Kota Tegal Tahun Ajaran 2011/2012


Kusuma.Wardhani,, 3201408079 (2012) Penerapan E-Learning Geografi Melalui Media Berbasis Web (Facebook) Pada Kelas X SMA Negeri di Kota Tegal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan E-Learning Geografi Melalui Media Berbasis Web (Facebook) Pada Kelas X SMA Negeri di Kota Tegal Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Penerapan E-Learning Geografi Melalui Media Berbasis Web (Facebook) Pada Kelas X SMA Negeri di Kota Tegal Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (21kB)

Abstract

E-Learning merupakan pembelajaran berbasis elektronik dengan media yang digunakan berupa komputer dan internet. Facebook sebagai salah satu situs jaringan sosial memang cocok untuk dijadikan contoh layanan web yang sukses bahkan sudah menjadi layanan favorit masyarakat dewasa ini, khususnya kaum pelajar. Berdasarkan hasil observasi awal, SMA Negeri di Kota Tegal sudah memiliki ruang multimedia yang terkoneksi dengan internet tetapi belum dimanfaatkan untuk pembelajaran Geografi, semua siswa kelas X sudah memiliki akun Facebook, dan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Geografi sebesar ≥70 untuk SMA 2, 4, dan 5 sedangkan ≥75 untuk SMA 1 dan 3 membuat siswa sulit untuk mencapai nilai KKM tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan E-Learning Geografi melalui media berbasis web (facebook) pada siswa kelas X SMA Negeri di kota Tegal? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan E-Learning geografi melalui media berbasis web (facebook). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri di kota Tegal. Penentuan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, maka diperoleh kelas X6, X7, X8, X3, dan X5. Variabel penelitian (1) Penerapan E-Learning geografi melalui media berbasis web (Facebook), (2) Hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data siswa kelas X pada kelas eksperimen menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji proporsi satu pihak (uji z). Semua siswa kelas X pada kelas eksperimen (kelas X6, X7, X8, X3, dan X5) sudah memiliki akun facebook dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran geografi dengan baik. Hasil belajar pada kelima kelas eksperimen yaitu kelas X6, X7, X8, X3, dan X5 setelah melaksanakan post test yang dilaksanakan sebanyak tiga kali berturut-turut diperoleh > , dengan taraf nyata 5% diperoleh = 1,64. Karena maka diterima. Artinya proporsi hasil post test kelas X6 dan X8 yang mendapat nilai lebih dari atau telah mencapai ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan perhitungan data kelas X7, X3, dan X5 diperoleh > , dengan taraf nyata 5% diperoleh = 1,64. Karena maka diterima. Artinya proporsi hasil post test kelas X7, X3, dan X5 yang mendapat nilai lebih dari atau telah mencapai ketuntasan belajar klasikal. Hasil tanggapan siswa terhadap penerapan E-learning Geografi berbasis web (facebook) direspon baik oleh kedua kelas yakni kelas X7 dengan persentase 78% dan kelas X3 dengan persentase 76,55%, sedangkan ketiga kelas merespon sangat baik dengan persentase 81% di kelas X6, 82% di kelas X8, dan 83% di kelas X5. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan penerapan E-Learning Geografi melalui media berbasis web (facebook) pada kelas X SMA Negeri di Kota Tegal tahun ajaran 2011/2012 dapat mencapai KKM klasikal pada materi hidrosfer. Selama pembelajaran dengan menerapkan E-Learning Geografi melalui media berbasis web (facebook) terdapat beberapa kendala. Saran kepada siswa diharapkan lebih meningkatkan keaktifannya selama pembelajaran; bagi guru disarankan untuk memanfaatkan facebook sebagai media pembelajaran baik di dalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran, mengingat materi geografi yang cukup banyak sedangkan alokasi waktu jam pelajaran geografi hanya 3x45 menit/minggu; dan bagi sekolah, perlu adanya penambahan peralatan penunjang internet agar siswa bisa mengakses lebih cepat sehingga pembelajaran akan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Media Berbasis Web, Facebook
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2012 07:07
Last Modified: 24 Oct 2012 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16095

Actions (login required)

View Item View Item