Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui tipe Think Pair Share dengan Permainan Sirkuit Pintar pada siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Semarang


Erma Yunita, , 1402408314 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui tipe Think Pair Share dengan Permainan Sirkuit Pintar pada siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui tipe Think Pair Share dengan Permainan Sirkuit Pintar pada siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui tipe Think Pair Share dengan Permainan Sirkuit Pintar pada siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Ngaliyan 01 Semarang ditemukan bahwa dalam kegiatan pembelajaran matematika proses pembelajaran berpusat pada guru dan kurang mengaktifkan semua siswa. Aktivitas siswa didominasi siswa yang pandai, sementara siswa yang lain terlihat jenuh dan bosan. Ketika mengerjakan tugas individu banyak siswa yang bertanya kepada temannya namun apabila dikelompokkan besar tidak semua anggota kelompok mau berpartisipasi mengerjakan tugas. Dari 36 siswa 19 siswa (52,78%) belum mencapai KKM (65), dengan nilai rata-rata 62. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan permainan sirkuit pintar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Semarang?” Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing pertemuan terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tipe Think Pair Share dengan permainan sirkuit pintar dapat meningkatkan keterampilan guru mencapai skor 32 dengan kategori baik sekali pada siklus I menjadi 35 dengan kategori baik sekali pada siklus II, aktivitas siswa dengan skor rata-rata 18,33 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 23,17 dengan kategori baik sekali pada siklus II, hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas 79,52 dan ketuntasan belajar 83,33% pada siklus I menjadi rata-rata 86,97 dengan ketuntasan belajar 91,67% pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan telah terpenuhi sehingga hipotesis tindakan dapat diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan permainan sirkuit pintar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas III Sekolah Dasar. Saran dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan permainan sirkuit pintar yaitu (1) mengajukan permasalahan yang bisa dibayangkan siswa, (2) memberikan tanggung jawab individu dalam kerja kelompok, (3) memberikan motivasi kepada siswa agar berani menyampaikan alternatif jawaban yang mereka temukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Think Pair Share, Sirkuit pintar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 00:38
Last Modified: 19 Sep 2012 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15515

Actions (login required)

View Item View Item