ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL REGIONAL TERHADAP STABILITAS HARGA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI JAWA TENGAH (PERIODE 2001-2010)


Nurul Izzah, , 7450408061 (2012) ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL REGIONAL TERHADAP STABILITAS HARGA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI JAWA TENGAH (PERIODE 2001-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL REGIONAL TERHADAP STABILITAS HARGA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI JAWA TENGAH (PERIODE 2001-2010)] Microsoft Word (ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL REGIONAL TERHADAP STABILITAS HARGA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI JAWA TENGAH (PERIODE 2001-2010)) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Inflasi dan pertumbuhan ekonomi merupakan indikator makro yang sering digunakan untuk melihat kondisi perekonomian. Pencapaian inflasi yang rendah akan memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan moneter dan kebijakan fiskal regional terhadap stabilitas harga dan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada tahun 2001-2010. Variabel terikat yang digunakan yaitu inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Variabel bebas yaitu pajak, pengeluaran pembangunan. kredit, dana pihak ketiga, dan bunga. Pengaruh kedua kebijakan tersebut dalam penelitian ini digunakan pendekatan Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Secara Parsial variabel pajak, dana pihak ketiga, dan inflasi Kota Semarang signifikan mempengaruhi inflasi di Jawa Tengah. Pengeluaran pembangunan, kredit, bunga, inflasi Kabupaten Banyumas, dan Kota Tegal tidak signifikan terhadap inflasi di Jawa Tengah. (2) Secara Parsial variabel pengeluaran pembangunan, kredit, dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banyumas signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Pajak, dana pihak ketiga, bunga, pertumbuhan ekonomi Kota Semarang, dan Kota Tegal tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel yang digunakan dalam model inflasi dan pertumbuhan ekonomi memenuhi hubungan sesuai teori. Tetapi tingkat keterpengaruhan masing-masing variabel terhadap model inflasi dan pertumbuhan ekonomi tidak terlalu kuat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, Kebijakan Moneter, Kebijakan Fiskal, Fixed Effect Model.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2012 04:19
Last Modified: 13 Sep 2012 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15386

Actions (login required)

View Item View Item