Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Fraud di Sektor Perbankan Berdasarkan Persepsi Karyawan Bank
Taufan Tri Hatmoko,, 7250408022 (2012) Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Fraud di Sektor Perbankan Berdasarkan Persepsi Karyawan Bank. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Fraud di Sektor Perbankan Berdasarkan Persepsi Karyawan Bank)
- Published Version
Download (15kB) |
Abstract
Pada awal dekade ini banyak terjadi kasus atau skandal yang dilakukan oleh bank-bank yang ada di Indonesia. Oleh karena itu semua perusahaan sektor perbankan yang di Indonesia berkomitmen untuk mencegah adanya tindakan fraud di sektor perbankan. Penelitian ini dilakukan dengan menggali persepsi para pegawai bank untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fraud di sektor perbankan. Penelitian ini menggunakan Sampel sejumlah 103 karyawan bank umum di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Convenience sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis full model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kesesuaian kompensai dengan fraud di sektor perbankan, terdapat pengaruh positif antara gaya kepemimpinan dengan fraud di sektor perbankan, terdapat pengaruh negatif antara sistem pengendalian intern dengan fraud di sektor perbankan, terdapat pengaruh negatif antara kepatuhan pengendalian intern dengan fraud di sektor perbankan, terdapat pengaruh negatif antara komitmen organisasi dengan fraud di sektor perbankan. terdapat pengaruh negatif antara budaya etis organisasi dengan fraud di sektor perbankan. Simpulan dari penelitian ini yaitu kesesuaian kompensasi tidak berpengaruh terhadap fraud di sektor perbankan, gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap fraud di sektor perbankan. Sistem pengendalian intern, kepatuhan pengendalian intern, komitmen organisasi dan budaya etis organisasi berpengaruh negatif terhadap fraud di sektor perbankan. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini kepada perusahaan perbankan di kota semarang yaitu diharapkan dapat meningkatkan kesesuaian kompensasi dan gaya kepemimpinan terhadap karyawannya, memperbaiki sistem pengendalian intern dan meningkatkan kepatuhan pengendalian intern, meningkatkan budaya etis serta komitmen karyawan di perusahaan sektor perbankan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek penalitian, tidak hanya dilakukan di bank umum saja tetapi di juga dilakukan di BPR, perusahaan swasta maupun sektor pemerintahan. Selain itu penelitian selanjutnya diharpkan dapat dilakukan di perusahaan atau entitas yang benar-benar pernah terjadi atau terdeteksi melakukan fraud
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fraud, Persepsi, Sektor Perbankan |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Sep 2012 01:12 |
Last Modified: | 13 Sep 2012 01:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15354 |
Actions (login required)
View Item |