Hubungan Aplikasi Bordir Busana Dengan Peningkatan Pemasaran Di Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus


Nanda Luthfiyah Rida Antika,, 5401407043 (2012) Hubungan Aplikasi Bordir Busana Dengan Peningkatan Pemasaran Di Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Aplikasi Bordir Busana Dengan Peningkatan Pemasaran Di Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus] Microsoft Word (Hubungan Aplikasi Bordir Busana Dengan Peningkatan Pemasaran Di Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Semula motif bordir di Desa Padurenan Kacamatan Gebog Kabupaten Kudus kurang bervariasi dan kurang diminati masyarakat. Adanya bantuan berupa pelatihan dari pemerintah dan perkembangan teknologi yang modern, pengusaha bordir mampu memberikan inovasi terhadap hiasan bordir serta bahan yang berkualitas. Awalnya pemasaran hiasan bordir hanya di sekitar tempat tinggal tetapi saat ini pengusaha bordir dapat memasarkan hiasan bordir sampai keluar pulau Jawa bahkan keluar negeri sehingga Desa Padurenan Kacamatan Gebog Kabupaten Kudus menjadi sentra bordir sejak 5 Agustus 2009. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka perlu dikaji lebih dalam tentang Hubungan Aplikasi Bordir Busana Dengan Peningkatan Pemasaran Di Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aplikasi bordir busana dengan peningkatan pemasaran dan mengetahui seberapa besar kontribusi aplikasi bordir busana terhadap peningkatan pemasaran di Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian survai. Populasi dalam penelitian ini adalah 57 pengusaha. Sampel dalam penelitian ini menggunakan tabel Krecjie yaitu 48 pengusaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan angket sebagai metode utama. Angket digunakan untuk penelitian setelah di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi linier. Sebelum analisis regresi linier dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian diketahui bahwa hubungan pembordiran dengan pemasaran Fhitung 317,19 dan Ftabel 4,05 dengan taraf signifikansi 5%. Diartikan apabila Fhitung > Ftabel maka regresi adalah bermakna, ada hubungan pembordiran busana dengan peningkatan pemasaran. Kontribusi sumbangan pembordiran dengan pemasaran sebesar 87,33%, sedangkan sisanya sebesar 12,67% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Simpulan penelitian ini bahwa (1) terdapat hubungan aplikasi bordir busana dengan peningkatan pemasaran Di Desa Padurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. (2) Kontribusi sumbangan aplikasi bordir busana terhadap peningkatan pemasaran adalah sebesar 87,33%. Saran bagi pengusaha busana di Desa Pedurenan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus lebih baik dalam pembuatan hiasan bordir sehingga dapat menciptakan motif bordir yang baru dengan segala kreatifitas. Kepada semua pengusaha yang ingin meningkatkan pemasaran produk, hendaknya mempelajari tentang prinsip pemasaran agar dapat meningkatkan pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi bordir, Pemasaran, Desa Padurenan
Subjects: T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 00:51
Last Modified: 11 Sep 2012 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15211

Actions (login required)

View Item View Item