Mekanisme Dan Troubleshooting Sistem Pengapian Electronic Spark Advance (ESA) Pada Mesin Toyota KIjang 7K-E 1800 CC


Decki Irwanto, 5250308014 (2012) Mekanisme Dan Troubleshooting Sistem Pengapian Electronic Spark Advance (ESA) Pada Mesin Toyota KIjang 7K-E 1800 CC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mekanisme Dan Troubleshooting Sistem Pengapian Electronic Spark Advance (ESA) Pada Mesin Toyota KIjang 7K-E 1800 CC] Microsoft Word (Mekanisme Dan Troubleshooting Sistem Pengapian Electronic Spark Advance (ESA) Pada Mesin Toyota KIjang 7K-E 1800 CC) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi semakin cepat dan terus mengalami perkembangan, memotivasi dunia industri untuk menciptakan inovasi-inovasi baru. Khususnya di bidang industri otomotif. Sistem pengapian pada motor bensin pada dasarnya ditujukan untuk menghasilkan percikan bunga api yang kuat dan tepat agar diperoleh pembakaran pada ruang bakar yang optimal. Sistem pengapian pada motor bensin menggunakan sistem pengapian baterei yang prinsipnya adalah menaikkan tegangan baterai 12 volt menjadi ± 12 kV agar menghasilkan percikan bunga api pada elektroda busi. Sistem ESA (Electronic Spark Advance) adalah sistem yang menggunakan ECU (electronic control unit) mesin untuk menentukan waktu pengapian berdasarkan sinyal dari barbagai sensor. ECU (electronic control unit) mesin mengkalkulasi waktu pengapian dari waktu optimal dalam memori sesuai kondisi mesin, dan mengirim sinyal ke pemantik (igniter). Waktu pengapian optimal pada dasarnya ditentukan menggunakan kecepatan mesin dan massa intake udara (tekanan manifold).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Dan Troubleshooting Sistem Pengapian Electronic Spark Advance (ESA)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Sep 2012 07:43
Last Modified: 07 Sep 2012 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15167

Actions (login required)

View Item View Item