Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA N 1 Kaliwung


Retno Sayu. Wiwit,, 4301408003 (2012) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA N 1 Kaliwung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA N 1 Kaliwung] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA N 1 Kaliwung) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Mata pelajaran kimia khususnya materi redoks memerlukan keaktifan, ketelitian, dan kejelian. Kenyataan di lapangan, siswa kurang berminat dan pasif dalam mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar. Salah satu cara meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan penerapan metode yang tepat. Metode tersebut yaitu metode pembelajaran Make A Match. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh dan besarnya pengaruh penerapan metode pembelajaran Make A Match (mencari pasangan) terhadap hasil belajar materi pokok redoks siswa kelas X SMA N 1 Kaliwungu. Seluruh siswa kelas X SMA N 1 Kaliwungu tahun ajaran 2011-2012 merupakan populasi penelitian ini. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling menghasilkan kelas X-D sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-E sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan cara dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelompok eksperimen sebesar 76,89 sedangkan kelompok kontrol sebesar 68,23. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif sesuai dengan koefisien korelasi biserial sebesar 0,539 dan kontribusi pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar sebesar 29,05% dengan kriteria pengaruh sedang. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan secara deskriptif melalui rata-rata nilai kelompok eksperimen yang lebih baik dari pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Make A Match (mencari pasangan) pada pencapaian kompetensi redoks berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Make A Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 00:25
Last Modified: 06 Sep 2012 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item