Keefektifan Model Think Pair Share melalui Hands On Activity Berbasis Karakter terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah


Rizky Purwocaroko, , 41014080124 (2012) Keefektifan Model Think Pair Share melalui Hands On Activity Berbasis Karakter terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Think Pair Share melalui Hands On Activity Berbasis Karakter terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah] Microsoft Word (Keefektifan Model Think Pair Share melalui Hands On Activity Berbasis Karakter terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dalam model pembelajaran TPS melalui Hands on Activity berbasis Karakter mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), (2) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dalam model pembelajaran TPS melalui Hands on Activity berbasis Karakter lebih baik daripada kelas yang diberikan pembelajaran ekspositori, (3) terdapat pengaruh yang positif antara aktivitas belajar dan sikap peserta didik dalam model pembelajaran TPS melalui Hands on Activity berbasis Karakter terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah seluruh peserta didik kelas VII adalah 223 peserta didik, yang terbagi menjadi 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random dan diperoleh 2 kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran kooperatif TPS melalui Hands on Activity berbasis Karakter dan pada kelompok kontrol diberikan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelompok eksperimen lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelompok kontrol, proporsi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelompok eksperimen telah memenuhi KKM, dan terdapat pengaruh yang positif antara aktivitas belajar dan sikap peserta didik dalam kelompok eksperimen terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share melalui Hands on Activity berbasis Karakter efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pokok segiempat pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Hands on Activity, Pendidikan Karakter, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 08:35
Last Modified: 05 Sep 2012 08:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15006

Actions (login required)

View Item View Item