Kompetensi Berkarya Batik Siswa SMP N 1 Gubug


Pratiwi, S.A.E, 2401406017 (2012) Kompetensi Berkarya Batik Siswa SMP N 1 Gubug. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kompetensi Berkarya Batik Siswa SMP N 1 Gubug] Microsoft Word (Kompetensi Berkarya Batik Siswa SMP N 1 Gubug) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

SMP N 1 Gubug berprestasi di bidang seni rupa khususnya desain poster dan kaligrafi, namun untuk batik belum berprestasi. Hal ini disebabkan siswa belum pernah berkesempatan untuk praktik berkarya batik secara langsung. Oleh karena itu, peneliti kemudian memberikan materi batik di sekolah tersebut agar siswa dapat praktik secara langsung berkarya batik. Permasalahan tersebut menjadi unik untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membatik karena selama ini siswa hanya berkarya lewat gambar. Semakin menarik karena siswa akan dihadapkan pada proses pembuatan yang rumit. Tujuan diadakan penelitian ini ialah ingin: mengetahui dan menjelaskan gambaran kompetensi berkarya batik siswa SMP N 1 Gubug dan ingin mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat kompetensi berkarya batik siswa SMP N 1 Gubug. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMP N 1 Gubug. Subjek penelitian ini adalah kelas VII A SMP N 1 Gubug. Objek penelitian ini adalah kompetensi berkarya batik siswa SMP N 1 Gubug. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi: teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik pelatihan tes keterampilan. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menyatakan, kompetensi siswa kelas VII A SMP N 1 Gubug dalam berkarya batik sebagian besar termasuk dalam kategori cukup baik, dilihat dari aspek penguasaan media yang meliputi penguasaan alat, bahan dan teknik berkarya batik, selain itu juga pemilihan bentuk dan penempatan isen yang tepat serta memperhatikan prinsip-prinsip seni rupa. Faktor pendukung dan penghambat siswa dalam berkarya batik, meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu sikap, minat, perhatian, tingkat kecerdasan, dan motivasi dari siswa itu sendiri, sedangkan faktor eksternalnya adalah sarana prasarana dan waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Berkarya, Batik, Siswa SMP
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:59
Last Modified: 29 Aug 2012 00:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14605

Actions (login required)

View Item View Item