Korelasi antara Kemampuan Bunpo dengan Kemampuan Dokkai pada Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNNES angkatan 2010.


Jeffry Aulia, , 2302407009 (2012) Korelasi antara Kemampuan Bunpo dengan Kemampuan Dokkai pada Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNNES angkatan 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Korelasi antara Kemampuan Bunpo dengan Kemampuan Dokkai pada Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNNES angkatan 2010. ] Microsoft Word (Korelasi antara Kemampuan Bunpo dengan Kemampuan Dokkai pada Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNNES angkatan 2010. ) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pujiastuti dalam Nurhadi ed. (2005 : 204) berpendapat bahwa kesulitan yang sering dihadapi oleh pembelajar bahasa asing dalam memahami isi bacaan adalah kesulitan memahami kosakata dan struktur kalimat yang kompleks dari bacaan. Dari pendapat di atas mengungkapkan bahwa adanya hubungan antara kemampuan tata bahasa (Bunpo) dengan kemampuan membaca (Dokkai), yaitu dalam memahami bacaan diperlukan kemampuan tata bahasa yang baik. Namun pada kenyataannya, pada prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES, ada mahasiswa yang kemampuan Bunponya tinggi, namun kemampuan Dokkainya rendah. Begitu juga sebaliknya, ada juga mahasiswa yang kemampuan Bunponya rendah namun kemampuan Dokkainya tinggi. Berdasarkan keadaan tersebut, maka penulis bermaksud meneliti tentang korelasi antara Bunpo dengan Dokkai pada Mahasiswa Prodi Bahasa Jepang UNNES angkatan 2010. Berdasarkan masalah yang diajukan dalam penelitian ini, maka penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2010 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES, yang mengikuti mata kuliah Bunpo sochukyu yang berjumlah 53 mahasiswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES sebanyak 35 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, dengan instrumen tes kemampuan Bunpo dan tes kemampuan Dokkai, dengan jumlah butir soal tes kemampuan Bunpo sebanyak 30 soal, dan tes kemampuan Dokkai sebanyak 20 soal. Tes kemampuan tersebut menggunakan validitas isi, dan setelah diujicobakan, didapatkan nilai reliabilitas instrumen untuk tes kemampuan Bunpo adalah 0,970, dan untuk tes kemampuan Dokkai adalah 0,944. Untuk mengetahui korelasi antara kemampuan Bunpo dengan kemampuan Dokkai, data yang berupa nilai tes Bunpo dan tes Dokkai dihitung korelasinya menggunakan rumus korelasi product moment. Perhitungan dengan rumus product moment tersebut menghasilkan harga rxy = 0,856. Dengan memeriksa tabel r product moment untuk N = 35, diketahui bahwa harga r tabel = 0,325 pada taraf kepercayaan 95%. Oleh karena hasil rxy (r hitung) lebih besar dari r tabel 0,325. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasaan, maka dapat dinyatakan ada korelasi antara kemampuan Bunpo dengan kemampuan Dokkai mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNNES angkatan 2010.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Korelasi antara Kemampuan Bunpo dengan Kemampuan Dokkai
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:15
Last Modified: 29 Aug 2012 00:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14584

Actions (login required)

View Item View Item